Beberapa Jenis Roti Ini Lebih Sehat dan Mengenyangkan Lho

Beberapa Jenis Roti Ini Lebih Sehat dan Mengenyangkan Lho

Beberapa Jenis Roti Ini Lebih Sehat dan Mengenyangkan Lho

Beberapa Jenis Roti Ini Lebih Sehat dan Mengenyangkan Lho – Roti adalah makanan berbahan dasar utama tepung terigu dan air, yang difermentasikan dengan ragi, tetapi ada juga yang tidak menggunakan ragi. Namun kemajuan teknologi manusia membuat roti diolah dengan berbagai bahan seperti garam, minyak, mentega, ataupun telur untuk menambahkan kadar protein di dalamnya sehingga didapat tekstur dan rasa tertentu.

Roti kini tak lagi identik sebagai makanan yang biasa disantap orang luar negeri saja. Orang Indonesia pun mulai terbiasa menjadikan roti sebagai camilan atau makanan utama saat pagi hari.

Ternyata, diantara banyaknya jenis roti yang ada di dunia, kalian perlu membekali diri dengan pengetahuan roti apa saja yang baik dan sehat untuk tubuh kalian, lho. Biar nggak salah, berikut lima jenis roti sehat yang aman di daftar idn poker online makan setiap hari sebagai pengganti nasi.

1. Roti Gandum

fromandroid 1a6b1cfbe83d2e24f1a8feeefa3fc5c0 - Beberapa Jenis Roti Ini Lebih Sehat dan Mengenyangkan Lho

Kalau kamu menebak roti gandum sebagai salah satu roti sehat, maka kamu benar. Gandum sendiri sudah sangat bergizi, jadi tidak heran jika mengkonsumsi roti gandum bisa menjadi lebih sehat ketimbang roti lainnya.

Perlu kalian ketahui, nih jika roti gandum memiliki serat dan nutrisi baik yang dibutuhkan tubuh. Gandum juga menghasilkan magnesium, vitamin B1, zat besi dan zinc.

2. Sourdough

fromandroid 9526dfb2c82ae0bed60a9086aff688c3 - Beberapa Jenis Roti Ini Lebih Sehat dan Mengenyangkan Lho

Sudah pernah dengar sourdough sebelumnya? Nah, sourdough ini adalah roti yang dibuat dari fermentasi ragi dan bakteri alami. Roti ini disebut sehat karena adanya fermentasi yang membuat jumlah asam fitat lebih sedikit.

Asam fitat adalah zat yang kerap mengikat mineral tertentu dan membuat pencernaan terganggu. Kelebihan lain yang dimiliki oleh sourdough ini adalah lebih mudah dicerna karena adanya prebiotik hasil dari fermentasi tadi.

3. Flax Bread

fromandroid dd70109a09d54ae4b137ea76ae9b2963 - Beberapa Jenis Roti Ini Lebih Sehat dan Mengenyangkan Lho

Flax bread atau roti rami adalah roti yang dibuat dari tepung gandum dan biji rami. Meski agak sulit ditemukan di Indonesia, tidak ada salahnya untuk mengganti roti tawar atau nasimu dengan flax bread tersebut.

Ini karena biji rami sangat bergizi dan merupakan sumber asam alfa-linolenat dan asam omega 3 dari makanan nabati.

4. Roti gandum hitam

fromandroid ba58629bfa161fdb3977461ff6b08971 - Beberapa Jenis Roti Ini Lebih Sehat dan Mengenyangkan Lho

Sebenarnya, ada dua jenis roti gandum hitam, yaitu tradisional dan modern. Roti gandum hitam tradisional terbuat dari 100 persen tepung gandum hitam, sementara yang modern dicampur dengan tepung terigu.

Umumnya, roti gandum hitam akan dicampur dengan biji jinten dan dipanggang bersama. Selain lebih sehat karena murni gandum hitam, roti gandum hitam tradisional dipercaya lebih mengenyangkan.

5. Roti bebas gluten

fromandroid b180a77ca78a7d2c9d245fa34bef932a - Beberapa Jenis Roti Ini Lebih Sehat dan Mengenyangkan Lho

Bagaimana bisa sepotong roti jadi bebas gluten? Tentu bisa. Apalagi untuk kalian yang memang menghindari atau sensiti terhadapnya.

Biasanya, gluten akan diganti dengan almond, beras merah, kelapa, atau kentang. Nggak hanya lebih mengenyangkan, roti bebas gluten juga jadi rendah kalori dan lebih sedikit pati.

Itulah lima roti sehat yang bisa dijadikan pengganti nasi. Kalian bisa menyantapnya sebagai menu sarapan atau saat lapar tiba-tiba dan ingin ngemil

Comments are closed.