Yukz Makan Brokoli untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi & Mencegah Kanker

Yukz Makan Brokoli untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi & Mencegah Kanker

Yukz Makan Brokoli untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi & Mencegah Kanker

Yukz Makan Brokoli untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi & Mencegah Kanker – Brokoli adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno di budidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Sebagai salah satu sayuran hijau, brokoli bisa jadi sumber nutrisi penting karena manfaatnya segudang. Manfaat kesehatan dari brokoli sangat sayang untuk dilewatkan, satu contohnya adalah bisa bantu mencegah kanker, lho!

Melansir Health, brokoli kaya akan vitamin (K, C, A, B kompleks, E), folat, fosfor, potasium, kalsium, dan antioksidan. Nutrisi-nutrisi ini bisa kamu dapatkan tanpa lemak dan minim kalori. Dengan kandungan gizi sejibun, manfaat yang di tawarkan daftar idn poker asia pun nggak main-main. Simak berbagai manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh dari konsumsi brokoli berikut ini.

1. Menjaga kesehatan pencernaan

pexels zifeng xia 4020143 bcc1578ede97873070e937db6dda99be - Yukz Makan Brokoli untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi & Mencegah Kanker

Seperti yang kamu tahu, serat sangat penting untuk pencernaan. Sebagai makanan tinggi serat dan antioksidan, brokoli bisa bantu menjaga kesehatan fungsi pencernaanmu.

Melansir Healthline, sebuah studi tahun 2014 menunjukkan kalau orang-orang yang mengonsumsi brokoli lebih mudah buang air besar daripada yang tidak.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

fettuccine pasta broccoli chicken creamy sauce spices pepper side view 141793 3540 02e0f5cd98b97a9840d82ca2a9c7472d - Yukz Makan Brokoli untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi & Mencegah Kanker

Sudah jadi pengetahuan umum kalau vitamin C merupakan nutrisi penting untuk menjaga imunitas tubuh. Nggak cuma dari buah, kamu pun bisa mendapatkan vitamin C dari brokoli.

Berdasarkan keterangan dari NutritionData, tiap 100 gram brokoli mengandung 64,9 miligram vitamin C. Itu sudah cukup membantu penuhi kebutuhan vitamin C harian, yakni 75 miligram untuk perempuan dewasa dan 90 miligram untuk laki-laki dewasa, melansir keterangan dari National Institutes of Health.

Sekadar mengingatkan, imunitas tubuh yang kuat bisa menangkal infeksi dan serangan berbagai penyakit.

3. Bantu mencegah kanker

pexels zamani sahudi 53821 414436720761fa88e9f794ec0b88e8fd - Yukz Makan Brokoli untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi & Mencegah Kanker

Brokoli mengandung beberapa nutrisi yang di duga dapat membantu cegah kanker. Brokoli dan sayuran   cruciferous lainnya seperti kembang kol dan kubis mengandung senyawa bernama sulforaphane atau sulforafana.

Melansir Medical News Today, sebuah studi tahun 2018 mengungkapkan bahwa senyawa sulforafana memiliki peran dalam mencegah pertumbuhan sel kanker. Meskipun masih butuh beberapa penelitian lebih dalam lagi untuk bisa menarik kesimpulan ini, makan makanan sehat seperti brokoli dan di dukung dengan gaya hidup sehat bisa menurunkan risiko terkena penyakit berbahaya ini.

4. Perlambat penurunan fungsi kognitif

drew taylor jfu2l04tmbc unsplash 1 373ae453ae30464cf9ee45777da1fd4b - Yukz Makan Brokoli untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi & Mencegah Kanker

Sebuah studi prospektif yang di terbitkan dalam jurnal Neurology tahun 2018 menemukan bahwa konsumsi satu porsi sayuran hijau seperti brokoli setiap hari dapat memperlambat penurunan fungsi kognitif pada orang-orang berusia lanjut.

Kandungan nutrisi dan bioaktif pada brokoli dan sayuran hijau lainnya seperti lutein, folat, dan kaempferol di duga dapat membantu menjaga fungsi otak tetap sehat. Mengonsumsi makan makanan sehat sedari muda tentu akan bermanfaat pada masa-masa mendatang.

5. Bantu kurangi peradangan

ravi sharma xbwjfcsqp4c unsplash 6b1dca9c16090c572b76dec24be7ff6b - Yukz Makan Brokoli untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi & Mencegah Kanker

Sebuah studi dalam jurnal Clinical Nutrition tahun 2018 mempelajari pengaruh konsumsi kecambah brokoli pada 40 orang yang mengalami kelebihan berat badan tetapi dalam kondisi sehat.

Setelah mengonsumsi 30 gram kecambah brokoli selama 10 minggu berturut-turut, para partisipan menunjukkan tingkat peradangan yang rendah. Kandungan sulforafana pada brokoli di duga punya efek mengurangi peradangan.

Mengutip dari Medical News Today, sebuah studi tahun 2014 pun menunjukkan kalau efek antioksidan senyawa sulforafana pada brokoli bantu mengurangi peradangan dalam uji laboratorium.

6. Bantu menurunkan risiko diabetes

pexels gm rajib 6048196 1 8e5870025a97cddae7e9c0dc031fa159 - Yukz Makan Brokoli untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi & Mencegah Kanker

Sebuah penelitian tahun 2017 menunjukkan kalau makan brokoli dapat membantu orang-orang dengan diabetes tipe 2 untuk menjaga kadar gula darah mereka, seperti di jelaskan di laman Medical News Today.

Lagi-lagi, kandungan sulforafana di duga memiliki khasiat ini. Tak cuma itu, kandungan serat yang tinggi pada brokoli juga bantu mengurangi kadar gula darah tinggi pada orang-orang dengan diabetes tipe 2.

7. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

pexels buenosia carol 1359326 1eb027f20746d4243123d9e866ed25de - Yukz Makan Brokoli untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi & Mencegah Kanker

Sebuah studi yang di lakukan pada tahun 2018 meneliti perempuan berusia lanjut yang menerapkan pola makan kaya akan sayuran cruciferous seperti brokoli. Dari situ, di temukan penurunan risiko terjadinya penyakit aterosklerosis.

Aterosklerosis adalah kondisi penumpukan lemak dan kolesterol pada dinding arteri yang bisa menyebabkan pengumpalan darah, seperti melansir Mayo Clinic. Nah, aterosklerosis ini bisa menyebabkan serangan jantung.

Kandungan antioksidan dan nutrisi-nutrisi penting lainnya pada brokoli diduga memiliki manfaat tersebut.

Nah, itulah tujuh manfaat kesehatan yang bakal kamu dapat dari konsumsi brokoli. Optimalkan dengan variasi makanan sehat lainnya agar nutrisi yang kamu dapatkan lengkap dan seimbang

Comments are closed.