4 Hewan Peliharaan Yang Harus Dihindari Bagi Ibu Hamil

4 Hewan Peliharaan Yang Harus Dihindari Bagi Ibu Hamil

Hewan Peliharaan Yang Dihindari – Keberadaan hewan peliharaan di sekitar kita tentunya akan memberikan efek psikologis yang sangat positif untuk kita. Dimana terkadang hewan-hewan lucu ini bisa membuat hati pemiliknya menjadi lebih baik. Namun dibalik tingkah lucunya yang menggemaskan. Hewan peliharaan juga patut untuk diwaspadai terutama bagi ibu yang sedang mengandung.

Namun siapa sangka hewan-hewan peliharaan tersebut juga bisa mengancam kesehatan ibu hamil atau si janin di kandungannya. Hewan peliharaan ini bisa membawa virus-virus penyebab penyakit. Meskipun hewan peliharaan kita mungkin sudah sering dimandikan dan mendapatkan berbagai perawatan, tidak salahnya bukan untuk menghindari mereka sementara waktu.

Baca Juga: Cara Memasak yang Menyehatkan Tubuh

Sehingga berikut ini, kami telah merangkum beberapa jenis hewan peliharaan yang harus dihindari saat hamil untuk menjaga kesehatan ibu dan janin agar tidak terinfeksi virus atau sumber penyakit lainnya.

1. Unggas

Hewan unggas seperti ayam, bebek, atau burung perlu dijauhkan dari ibu hamil. Apalagi jika ternyata ada unggas di rumah yang terinfeksi flu burung. Tentu ini akan sangat berbahaya untuk kesehatan ibu hamil.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memberikan vaksin flu burung pada unggas peliharaan Anda di rumah. Pastikan juga untuk tidak membiarkan unggas berkeliaran bebas di sekitaran rumah.

Letakkan kandang unggas agak jauh dari rumah. Hal ini akan bertujuan agar rumah tetap bersih dari kotoran unggas dan ibu hamil juga tidak terganggu dengan bau dari kandang unggas.

2. Kura-Kura

Hewan peliharaan yang perlu dihindari saat hamil yang keempat adalah kura-kura. Meskipun kecil dan lucu, jenis hewan peliharaan ini ternyata bisa menjadi sumber penularan bakteri salmonella. Bakteri ini memang dikenal dapat menular dari hewan-hewan reptil.

Bakteri salmonella yang ada pada kura-kura dapat menurunkan kekebalan tubuh ibu hamil secara drastis. Ketika kekebalan tubuh melemah, janin dalam kandungan pun juga ikut melemah, dan tubuh juga menjadi rentan terhadap serangan penyakit bola88.

3. Kucing

Hewan peliharaan yang perlu dihindari saat hamil yang pertama adalah kucing. Memelihara kucing memang berguna untuk mengatasi stres dan mengubah kondisi mood seseorang. Apalagi jika kucing sudah dipelihara sejak lama, pasti akan susah untuk melepasnya. Namun, ketika Anda atau orang rumah sedang ada yang hamil, sebaiknya jauhkan kucing dari mereka.

Penularan toksoplasma di dalam tubuh ibu hamil, dapat diakibatkan dari kotoran kucing yang dipelihara. Toksoplasma ini nantinya bisa berdampak buruk bagi kesehatan janin. Jadi, bagi ibu hamil yang memiliki peliharaan kucing, sebaiknya hindari peliharaan Anda sementara dan minta bantuan orang lain untuk membersihkan kandang dan memastikan kandang kucing tetap bersih.

4. Anjing

Hewan peliharaan yang perlu dihindari saat hamil yang kedua adalah anjing. Seperti yang kita tahu, anjing dianggap sebagai hewan yang sangat dekat dengan manusia. Hewan peliharaan ini dikenal setia dan dapat berguna menurunkan tingkat stres Anda. Sayangnya, jenis hewan peliharaan ini tidak bersahabat bagi ibu hamil.

Hewan ini sebenarnya tidak berbahaya selama kebersihannya tetap terjaga. Anjing yang kebersihan tubuh dan kandangnya tidak diperhatikan akan memberikan dampak buruk bagi ibu hamil. Tubuh anjing yang tidak bersih, akan berpeluang memiliki bakteri atau kutu di bulu-bulunya, yang dapat menyebabkan penyakit kulit. Dan jika kita berdekatan dengan anjing yang tidak bersih, maka kulit kita bisa terserang gatal-gatal.

Baca Juga: Fakta Unik Singa yang Jarang Diketahui

Selain itu, bagi ibu hamil yang memiliki anjing sebagai hewan peliharaan, pastikan bahwa hewan peliharaan tersebut telah mendapatkan vaksin rabies.

Comments are closed.