5 Binatang Ini Ternyata Mampu Mengubah Gendernya

5 Binatang Ini Ternyata Mampu Mengubah Gendernya

5 Binatang Ini Ternyata Mampu Mengubah Gendernya

5 Binatang Ini Ternyata Mampu Mengubah Gendernya – Alam adalah tempat yang unik dan selalu menarik untuk selalu di bahas. Salah satunya adalah perihal hewan. Kita tahu, setiap makhluk dilahirkan sebagai laki-laki maupun perempuan, termasuk hewan yang juga dilahirkan sebagai jantan maupun betina.

Dari sekian banyak makhluk hidup yang ada, lima hewan ini termasuk ke dalam kategori istimewa karena bisa mengubah jenis kelaminnya. Kira-kira bagaimana cara mereka melakukannya? yuk kita simak..

1. Ikan badut 

CwQWakYVMAAL4oZ - 5 Binatang Ini Ternyata Mampu Mengubah Gendernya

Kenyataannya, semua ikan badut terlahir dengan kelamin jantan. Ikan badut biasanya hidup dalam kelompok, di mana anggota yang paling dominan dalam kelompok kemudian akan menjadi betina.

Dalam satu kelompok, hanya ada satu ekor ikan betina, dan jika ia meninggal, maka biasanya pejantan terbesar akan mengubah jenis kelamin dan menggantikannya menjadi betina.

2. Limpet 

header limpets 768x369 69063091e7643ac3dd36c2b959298299 - 5 Binatang Ini Ternyata Mampu Mengubah Gendernya

limpet memiliki kemampuan untuk mengubah jenis kelamin. Menurut laman ILFScience, perubahan tersebut terjadi ketika limpet disentuh oleh limpet jantan lainnya.

Sebuah penelitian juga dilakukan untuk mencari tahu bagaimana limpet mengubah jenis kelamin. Dan hasilnya sama seperti yang disebutkan dalam laman IFLScience, yaitu ditemukan bahwa kontak fisik antara hewan ini memainkan peran penting dalam mengaktifkan peralihan gender limpet dari jantan ke betina.

3. Lobster 

311 1543728737 - 5 Binatang Ini Ternyata Mampu Mengubah Gendernya

Lobster yang sering jadi hidangan kelas atas ini ternyata punya sisi seksualitas yang unik. Mereka pada umumnya akan menjalani proses kawin seperti hewan pada umumnya, terdiri dari betina dan jantan yang saling membuahi sel telur dengan sperma.

Namun dalam kondisi tertentu lobster bisa mengubah sistem reproduksinya secara mandiri. Menurut uraian National Geographic, saat dingin lobster akan menambah energi mereka untuk menghasilkan telur dan sperma sekaligus yang kemudian berkembang menjadi gamet.

4.Bearded dragon 

Bearded Dragon - 5 Binatang Ini Ternyata Mampu Mengubah Gendernya

Bearded dragon atau kadal berjanggut jantan bisa mengubah jenis kelaminnya ketika masih berada dalam bentuk telur. Melansir dari laman Vice, kalau telur bearded dragon jantan terpapar pada suhu yang lebih hangat, telur bearded dragon akan berubah arah perkembangan mereka dan menjadi betina, meskipun secara genetik tetap jantan.

Namun, para peneliti menemukan bahwa perubahan itu tidak hanya bersifat sosial, namun juga dapat mereproduksi dan bertelur.

5. Hyena betina 

img 000000 000000 edd6f874b1f8a5a77ea85f0543408554 - 5 Binatang Ini Ternyata Mampu Mengubah Gendernya

Baik hyena betina maupun jantan sama-sama memiliki testis dan penis. Perbedaannya, pada hyena jantan, ereksi merupakan respons gairah; sedangkan untuk hyena betina, ereksi menandakan rasa keakraban dan keamanan.

Selain itu, ‘penis’ pada hyena betina sebenarnya adalah klitoris yang memanjang, atau yang disebut sebagai pseudo-penis atau penis palsu. Kendati demikian, ketika hyena betina kawin, mereka akan menggulung pseudo-penis tersebut untuk memberikan akses pada hyena jantan.

Comments are closed.