5 Hewan yang Hebat Dalam Menyamar Jadi Hewan Lain

5 Hewan yang Hebat Dalam Menyamar Jadi Hewan Lain

5 Hewan yang Hebat Dalam Menyamar Jadi Hewan Lain

5 Hewan yang Hebat Dalam Menyamar Jadi Hewan Lain – Setiap hewan mempunyai cara dan keunikan sendiri untuk bertahan hidup. Mereka juga dapat menyamar menjadi hewan lainnya.

Cara itu mereka lakukan untuk bertahan hidup di alam bebas yang sewaktu waktu dapat membahayakan diri mereka sendiri.

Penasaran dengan hewan apakah saja itu. Yuk kita simak ulasannya..

1. Gurita penyamar 

01 904221c439eb5f1a413d8447d130dc26 - 5 Hewan yang Hebat Dalam Menyamar Jadi Hewan Lain

Hewan ini bisa menyamar jadi batu atau seperti lingkungannya, tapi jadi hewan lain. Bukan cuma satu, mereka bisa menyamar jadi beberapa hewan!

Laman Nature menyebut bahwa gurita endemik Indonesia ini bisa menyamar jadi ular laut, udang, kepiting, ubur-ubur, lionfish, dan lain-lain.

Tujuan mereka menyamar umumnya adalah melindungi diri. Ketika diganggu oleh ikan damselfish, mereka akan menyamar jadi ular laut karena damselfish takut pada ular laut.

2. Ngengat elang 

cover d24c58309f07d68c5cddcb684b18bd91 - 5 Hewan yang Hebat Dalam Menyamar Jadi Hewan Lain

Spesies ini terkenal jago menyamar. Bukan ketika sudah dewasa, melainkan ketika masih berwujud larva alias ulat.

ulat ngengat elang mampu menyamar menjadi mirip ular pada saat terancam. Caranya, mereka akan menggembungkan bagian depan tubuhnya supaya tampak seperti kepala. Lalu, mereka juga mengatur pola warna kuning, putih, dan hitam di tubuhnya supaya terlihat seperti corak ular.

3. Ngengat harimau 

03 8139230b20f81d08e96817e99a8a062b - 5 Hewan yang Hebat Dalam Menyamar Jadi Hewan Lain

Ngengat yang satu ini juga bisa menyamar jadi hewan lain untuk mengelabui predator. Bedanya, mereka bukan meniru penampilan, tapi suara. Ngengat harimau  bisa meniru suara yang dikeluarkan oleh ngengat lain untuk menipu kelelawar supaya tidak mau memangsanya.
Kelelawar yang mendengar suaranya pun jadi terkecoh dan menghindari ngengat harimau tersebut meskipun sebenarnya mereka gak berbahaya. Unik ya!
4. Margay 
04 d86120bf8befffc0d9175d506a43b017 - 5 Hewan yang Hebat Dalam Menyamar Jadi Hewan Lain

Margay adalah sejenis kucing liar yang hidup di Amerika Tengah dan Selatan. Mereka hidup di pepohonan dan berburu burung maupun monyet.

Margay ternyata bisa meniru suara bayi monyet tamarin sehingga menarik perhatian tamarin dewasa untuk mendekat. Setelah itu, margay pun akan menyergap untuk memangsa si tamarin.

5. Drongo ekor garpu 

05 fa58b236a74430213f9fef658219a4ee - 5 Hewan yang Hebat Dalam Menyamar Jadi Hewan Lain

Terakhir, Hewan yang jago meniru suara hewan lainnya adalah drongo ekor garpu (Dicrurus adsimilis). Bukan hanya satu, BBC menyebut bahwa burung ini bisa meniru sekitar 45 spesies hewan! Mereka meniru suara alarm yang dikeluarkan hewan-hewan tersebut untuk memperingatkan akan adanya bahaya.

Bisa dibilang, drongo ekor garpu punya jasa besar bagi hewan-hewan yang hidup di daerahnya di Afrika. Namun ternyata, mereka gak selalu jadi pahlawan. Kadang, burung ini akan meniru suara hewan lain untuk membuat mereka kabur sehingga drongo bisa mengambil semua makanan yang tersedia tanpa saingan. Hmm, baik tapi kadang licik, ya!

Comments are closed.