5 Hewan Yang Mampu Regenerasi Tubuh Dengan Cepat

5 Hewan Yang Mampu Regenerasi Tubuh Dengan Cepat

Kemampuan regenerasi tubuh tentunya menjadi sesuatu hal yang sangat membantu hewan untuk bisa bertahan hidup terutama di alam liar. Contohnya saja apabila diserang oleh predator dan terluka, maka hewan tersebut akan lebih mudah sembuh.

Baca Juga: Cara Merawat Siberian Husky

Sehingga dilansir dari National Geographic dan The Guardian berikut hewan yang mampu meregenerasi dengan cepat.

1. Bintang Laut

Hewan echinoderm yang merupakan sepupu landak laut ini ternyata juga bisa beregenerasi, lho. Seperti menumbuhkan lenganya kembali, atau bahkan seluruh tubuh.

Asalkan, jika cincin syaraf pusatnya utuh. Nah, agar bisa regenerasi, maka bintang laut akan mengumpulkan nutrisi di lenganya hingga regenerasinya selesai.

2. Rusa

Tanduk yang dapat tubuh kembali merupakan contoh ekstrim regenerasi, tutur Monaghan. Kerenya, rusa mampu meregenerasi tanduknya yang rusak hingga 27kg hanya dalam waktu sekitar 3 bulan. Cepat ya!

Dilansir dari National Geographic, Rusa mampu melakukan ini karena memiliki hormon pertumbuhan yang bernama insulin-like growth factor 1 atau singkatnya IGF-1. Hormon ini sendiri berfungsi untuk mengatur tumbuh kembang tubuh dan diproduksi secara alami oleh otak dan hati.

3. Teripang

Nggak kalah dengan rusa, nampaknya teripang juga mampu melakukan regenerasi dengan cepat. Nggak hanya luka luar yang dapat disembuhkan, ternyata luka dalam pun demikian.

Berbeda dari kebanyakan hewan lainya, teripang justru sengaja melukai dirinya dengan cara melepaskan salah satu organ tubuhnya untuk mengalihkan perhatian predator. Kerenya lagi, teripang yang telah terpotong-potong masih bisa hidup dan akan menjadi teripang baru serta mampu untuk tumbuh hingga 3 kaki panjangnya.

4. Tetra Meksiko

Ikan satu ini ternyata mampu untuk meregenerasi jantungnya, lho. Dilansir dari BBC, para ilmuan yang mempelajari ikan ini menemukan adanya 3 genom yang mampu untuk meregenerasi jaringan jantung.

Tapi sayangnya, nggak semua ikan tetra mampu melakukan regenerasi dengan sempurna. Berdasarkan studi yang didanai oleh British Heart Foundation, Dr Mathilda Mommersteeg dan timnya di University of Oxford, mempelajari dua jenis ikan tetra Meksiko.

5. Axolotl

Hewan satu ini masih kerabat dengan salamander. Untuk salamander biasa, sebenarnya juga memiliki kemampuan untuk regenerasi seperti menumbuhkan ekornya yang putus hingga utuh kembali. Dengan cara, sel-sel akan memperbaiki luka dalam kurun waktu beberapa minggu hingga akhirnya utuh kembali.

Namun, jika dibandingkan dengan axolotl, axolotl-lah juaranya. Nggak hanya ekornya saja yang mampu ia regenerasi, tapi seluruh tubuh. Seperti rahang, hati, bahkan hingga otak. Sehingga, hewan satu ini kerap dijadikan objek untuk menjadi fokus penelitian regenerasi manusia.

Baca Juga: Hewan langka yang hanya hidup di indonesia

Itulah tadi beberapa hewan yang memiliki kemampuan meregenarasi tubuh dengan cepat. Semoga dengan artikel diatas bisa menambah wawasan dan informasi buat kamu seputar dunia hewan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *