5 Hewan Yang Sanggup Memangsa Hewan Yang Lebih Besar

5 Hewan Yang Sanggup Memangsa Hewan Yang Lebih Besar

5 Hewan Yang Sanggup Memangsa Hewan Yang Lebih Besar

5 Hewan Yang Sanggup Memangsa Hewan Yang Lebih Besar – Di dunia binatang, saling makan-memakan sudah menjadi hukum alam. Hewan predator harus memangsa hewan lain supaya bisa bertahan hidup, maka mereka perlu memiliki cara berburu yang efektif. Terkadang, cara berburu mereka bahkan membuat kita kagum.

Terutama hewan predator yang berburu mangsa yang berukuran lebih besar dari tubuhnya sendiri. Bukan hanya membutuhkan kekuatan, tapi juga strategi cerdas dan senjata yang tepat. Seperti misalnya enam hewan berikut ini, yang sering menangkap mangsa berukuran lebih besar dari tubuhnya. sendiri.

1. Komodo 

mangsa - 5 Hewan Yang Sanggup Memangsa Hewan Yang Lebih Besar

Komodo punya kemampuan untuk memangsa hewan yang berukuran lebih besar dari tubuhnya. Komodo sendiri memiliki panjang yang cukup besar, yaitu sekitar 2,7 meter dan bobot 90 kg. Namun memanfaatkan gigitannya yang berbisa, mereka sanggup melumpuhkan seekor kerbau yang beratnya bisa ratusan kilogram.

Dengan satu kali gigitan, mangsa besar pun bisa dibuat lumpuh oleh komodo. Itu karena selain bisa, liur komodo juga mengandung banyak jenis bakteri mematikan, sehingga mangsa yang telah tergigit pasti akan mati akibat keracunan darah. Kabur pun percuma, karena komodo akan dengan sabar mengikuti dan menunggu hingga mangsanya terjatuh lalu mulai memangsanya.

2. Anaconda 

02 8a8a0028df300267c20c5db7a16139b3 - 5 Hewan Yang Sanggup Memangsa Hewan Yang Lebih Besar

Ular terbesar anaconda sudah pasti masuk juga dalam daftar ini.Mereka memang terkenal dengan kemampuan memangsa hewan yang berukuran besar seperti rusa, buaya, bahkan jaguar. Senjatanya? Bukan bisa, tapi otot-otot kuat di sekujur tubuhnya yang mampu mencekik mangsa dengan kekuatan yang luar biasa hebat.

Berbagai sumber menyebut kalau lilitan anaconda membuat darah tidak bisa mengalir menuju otak mangsanya. Dalam beberapa detik saja, mangsanya pun langsung mati. Setelah mangsanya mati, anakonda menggunakan sendi fleksibel pada rahangnya untuk membuka mulut lebar-lebar dan menelan mangsanya secara utuh.

3. Tarantula goliat pemakan burung  

03 0d2bc98b821ab7c29ffdc1aad9d8008c - 5 Hewan Yang Sanggup Memangsa Hewan Yang Lebih Besar

Tarantula dari spesies Theraphosa blondi ini disebut sebagai laba-laba terbesar di dunia, dengan bentang kaki hampir selebar piring makan dan berat mencapai 170 gram. Dan makanan mereka pun gak kalah besar, bahkan terkadang lebih besar dari tubuhnya sendiri.

Meski mampu memangsa burung sesuai dengan namanya, tarantula ini cukup jarang melakukannya karena burung adalah mangsa yang sulit ditangkap. Mereka lebih sering makan serangga, memanfaatkan bisanya yang mematikan bagi hewan kecil. Namun laman Animals menyebut bahwa laba-laba ini juga sanggup memangsa tikus, kadal, kodok, dan bahkan ular!

4. Tawon pemangsa tarantula 

04 27c4562f436d664ccd1bd1935645fed0 - 5 Hewan Yang Sanggup Memangsa Hewan Yang Lebih Besar

cara tawon ini memangsa tarantula bukan seperti yang mungkin kamu bayangkan. Dilansir dari BBC, tawon betina akan melumpuhkan tarantula dengan sengatannya, lalu menyuntikkan telur-telurnya ke dalam tubuh tarantula.

tarantula masih tetap hidup meski lumpuh, dan ia akan jadi makanan bagi larva tawon yang nantinya akan menetas di dalam tubuhnya sebelum akhirnya mati. Selain tarantula, manusia juga pantas takut pada tawon ini karena sengatan mereka yang disebut-sebut sebagai salah satu sengatan serangga paling sakit di dunia!

5. Kelabang raksasa

05 4c870390206271767daf42c90e3981b6 - 5 Hewan Yang Sanggup Memangsa Hewan Yang Lebih Besar

Bukan tanpa alasan jika kelabang Scolopendra gigantea mendapat sebutan kelabang raksasa. Laman Animal Diversity menyebut bahwa spesies kelabang terbesar ini dapat tumbuh hingga sepanjang 30 cm! Bukan hanya besar, kelabang ini juga pantas ditakuti karena racunnya yang cukup kuat.

Memanfaatkan racunnya itu, kelabang raksasa sanggup memangsa banyak jenis hewan. Mulai dari cacing, kecoak, dan jangkrik, hingga hewan yang berukuran lebih besar seperti kadal, kodok, bahkan tikus. Tapi tenang, kelabang mengerikan ini hanya hidup di Amerika Selatan kok.

 

Comments are closed.