Cara Merawat Anjing yang Sakit

Cara Merawat Anjing yang Sakit

Cara Merawat Anjing yang Sakit

Cara Merawat Anjing yang Sakit – Melihat anjing anda sakit tentu sebuah hal yang tidak menyenangkan, ia menjadi lesu dan enggan ketika diajak bermain, bahkan tidak jarang nafsu makannya menjadi turun drastis. Apapun sakit yang dialami oleh anjing anda sebaiknya anda memang mengetahuinya dari gejala serta dari kondisi fisiknya sehingga bisa memberikan pengobatan dan perawatan yang terbaik.

Jadilah pemilik yang super sensitif terhadap perubahan tingkah laku anjing anda. Jika ada perubahan tingkah laku pada anjing anda segera perhatikan dan analisis.

Kenali Gejala Sakitnya

Catat apa saja yang dilakukan oleh anjing anda dan bagaimana kondisi fisiknya, hal ini penting untuk nantinya dibawa ke dokter hewan sebagai bahan pertimbangan dan cara memberikan obat yang terbaik. Tanyakan dan kenali segala jenis penyakit yang anjing anda alami. Jika penyakitnya tidak terlalu parah, anda bisa merawatnya sendiri di rumah sambil berkonsultasi dengan dokter hewan.

Kurangi Porsi Makan

Jika muntah atau diare terjadi pada anjing anda, sebaiknya kurangi porsi makannya sekitar 20% dari porsi biasa, sebab kondisi tersebut membuat perutnya terasa tidak nyaman, jika ia terlalu banyak menelan makanan, akan membuat perutnya semakin terasa sakit dan begah serta membuat muntah dan diarenya tak kunjung sembuh.

Makanan Tawar

Keju atau ayam tanpa kulit dan lemak, beras putih tanpa perasa tambahan baik untuk cara merawat anjing yang sakit sebab mengandung sedikit sekali bahan bahan yang mengandung lemak tinggi yang berbahaya untuk penyakit penyakit tertentu. Berikan secara bervariasi dengan tetap mencukupi kebutuhan akan daging dan obat yang diperlukan untuk penyembuhan sakitnya.

Perhatikan Kotoran dan Urin

Setiap kali anjing anda sakit, perhatikan kotoran dan urinnya, kotoran dan urin menjadi salah satu indikasi penyakit atau gejala tambahan dari penyait tertentu seperti pada penyakit diare atau cacingan. Perhatikan jika ada perubahan atau keanehan dan laporkan pada dokter hewan sebagai bahan pertimbangan untuk pengobatan.

Tempat Tidur yang Nyaman

Anjing yang sakit butuh tempat untuk istirahat dengan nyaman, anda wajib memberikan untuknya tempat tidur yang nyaman, tempat tidur tersebut tidak harus tempat tidur seperti yang digunakan manusia, cukup menggunakan dus yang diberi kain kain empuk di dalamnya sehingga nyaman untuk dijadikan tempat istirahat dan tempat tidur. Jangan lupa untuk menggantinya secara rutin agar jauh dari kotoran.

Pisahkan dari Anjing Lain

Cara merawat anjing sakit yang juga sebagai upaya pencegahan ialah dengan memisahkan anjing tersebut dengan anjing atau hewan lain yang sehat, selain untuk meminimalisir penularan penyakit, juga untuk mencegah anjing yang sakit dilukai atau terlalu berlebihan untuk diajak bermain. Berikan anjing tempat yang khusus yang jauh dari hewan lain.

Comments are closed.