Cara Merawat Siberian Husky

Cara Merawat Siberian Husky

Cara Merawat Siberian Husky Agar Jinak dan Mudah

Cara Merawat Siberian Husky. Siberian Husky merupakan salah satu jenis anjing yang hidup di iklim dingin. Meskipun demikian kita tetap dapat memelihara anjing ini di Negara tropis tetapi dengan perawatan yang khusus dan ekstra. Anjing ini secara natural tidak agresif dan sangat ramah terhadap manusia.

Meskipun demikian jika perawatan dan pelatihan yang diberikan salah, maka anjing ini bisa menjadi agresif. Berikut ini kami akan memberikan tips, bagaimana cara untuk merawat anjing Siberian Husky berdasarkan dari sifat alami anjing tersebut.

1. Memberi Makan Makanan Anjing yang Berkualitas

Anjing Husky di habitat aslinya merupakan anjing yang dapat bertahan hidup dengan jumlah makanan yang sedikit. Oleh karena itu, sebaiknya kita memberikan makanan yang tidak mengandung banyak kalori ke anjing ini agar dia dapat tumbuh sehat dan memiliki energy yang cukup untuk bermain.

Beri makan Husky cukup satu atau dua kali sehari dan hindari aktivitas berlebih minimal 90 menit setelah makan. Jumlah makanan Husky tergantung dari ukurannya, umur, dan status kesehatan. Untuk Husky muda, beri dia makan tiga kali sehari. Saat ia berusia 3 hingga 4 bulan, makanan dapat diberikan cukup 2 kali sehari. Jangan memberikan Husky makanan manusia atau makanan kaleng karena dapat menyebabkan diare. Cukup diberikan makanan khusus untuk anjing.

2. Memandikan Anjing Seperlunya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa anjing Husky mampu menjaga dirinya tetap bersih sehingga kita tidak perlu terlalu sering memandikan anjing ini. Kita dapat memandikan anjing ini hanya satu kali dalam setahun. Jika kita tidak bisa memandikan anjing ini sendiri, kita bisa meminta bantuan jasa perawatan hewan.

3. Menyikat Bulu Anjing Saat Bulu Rontok

Secara alami anjing Husky merupakan anjing yang bersih. Mereka hampir tidak berbau dan bisa merawat diri mereka sendiri sehingga kita tidak perlu repot untuk mengurusinya lagi. Meskipun begitu, bulu anjing ini mudah rontok terutama saat musim berangin. Kerontokan yang normal terjadi sekitar 3 minggu.

Cara merawatnya adalah dengan menyikat bulu Husky satu kali seminggu agar dapat menghilangkan bulu mati dan dapat membuat bulu bersilau dan segar. Pada saat musim panas jangan mencukur bulu anjing ini. Dengan mencukur kita bisa menghilangkan pelindung bagi anjing ini terhadap radiasi ultraviolet.

4. Rajin Memotong kuku anjing

Kuku anjing Husky perlu untuk dipotong sebanyak satu kali dalam seminggu atau dua minggu. Jika anjing Husky kita sangat berenergi dan susah bagi kita untuk memotong kukunya, kita bisa membawanya ke dokter hewan. Yang perlu diingat, kuku anjing ini dapat terpotong secara natural karena aktifitas bermain anjing ini.

5. Masukkan Anjing Husky Dewasa ke Pelatihan Anjing

Secara alami, Husky merupakan anjing yang mandiri dan pintar. Walaupun begitu, anjing jenis ini terkadang keras kepala dimana training bisa menjadi susah dilakukan. Saat Husky berusia 4 bulan bawa dia ke pelatihan anjing dan kelas dapat dilanjutkan hingga berusia 12 bulan.

Sangatlah baik untuk melatih anjing Husky sejak dari dia kecil. Perlu diketahui juga bahwa anjing ini cukup pintar untuk bisa membedakan keadaan di kelas dan di rumah. Bisa saja dia berperilaku baik saat di kelas tetapi menjadi nakal saat di rumah. Untuk itu kita perlu terus rajin melatih dia meskipun berada di rumah.

6. Ajarkan Bahwa Anda Adalah Majikan Bagi Anjing Anda

Husky merupakan anjing yang hidup berkelompok dan memiliki pemimpin dalam kelompok tersebut. Anjing Husky anda harus melihat anda sebagai pemimpinnya. Cara paling mudah untuk mengajarkan hal ini adalah dengan mengajarkan dia untuk menunggu saat akan makan. Dengan mengontrol waktu anjing untuk makan, Husky akan melihat diri anda sebagai sumber yang menyediakan makanannya, sehingga dia akan melihat anda sebagai pemimpinnya.

7. Selalu Hibur Anjing Anda

Anjing Husky adalah anjing yang pandai dan membutuhkan stimulasi mental agar membuat dirinya terus senang dan terhibur. Mainan anjing dapat menjadi hiburan yang baik untuk anjing Husky. Tetapi pilihlah mainan yang kuat untuk dikunyah karena Husky dapat dengan mudah menghancurkannya.

Inilah penjelasan bagaimana tips Merawat Siberian Husky yang efektif dan membuat anjing anda sehat dan enerjik. Selamat Mencoba ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *