Fakta Unik Kuda Nil, Hewan Berwajah Lucu Namun Ganas

Fakta Unik Kuda Nil, Hewan Berwajah Lucu Namun Ganas

Fakta Unik Kuda Nil, Hewan Berwajah Lucu Namun Ganas

fcls63u64r7bwuideuwl - Fakta Unik Kuda Nil, Hewan Berwajah Lucu Namun Ganas

Fakta Unik Kuda Nil, Hewan Berwajah Lucu Namun Ganas – Kuda Nil (Hippopotamus amphibius) adalah hewan mamalia asli Afrika. Kuda nil tidak hanya dapat ditemukan di sepanjang Sungai Nil. Hewan ini tersebar merata di Afrika bagian barat, timur, tengah, hingga ke Afrika Selatan.

Kuda nil adalah primata asli dari benua Afrika yang terkenal dengan tubuhnya yang besar dan mempunyai kebiasaan menghabiskan waktu yang lama untuk berendam di air.

Dari segi fisik, kuda nil memiliki bentuk tubuh yang unik dengan badan besar namun memiliki kaki yang sangat pendek. berikut ini adalah fakta menarik dari kuda nil yang harus kamu ketahui, sebagai berikut:

1. Kuda nil merupakan hewan darat terbesar kedua di bumi 

Setelah gajah yang berada di urutan pertama sebagai hewan darat terbesar di bumi, seekor kuda nil jantan bisa memiliki panjang hingga 3.5 meter dan tinggi 1.5 meter dengan berat yang mencapai 3.2 ton atau sama dengan bobot dua buah mobil. Dalam ilmu biologi, kuda nil berkerabat dekat dengan hewan seperti badak, babi dan hewan berkuku genap lainnya.

2. Predator yang ganas 

Dari sekilas, wajah kuda nil memang terlihat sangat lucu dan bersahabat. Namun, perlu kamu ketahui bahwa kuda nil merupakan hewan paling berbahaya di benua Afrika dan mempunyai insting membunuh dan juga memiliki sifat agresif dan sering menyerang manusia. Walaupun memiliki kaki yang pendek, kuda nil bisa berlari dengan kecepatan 30 km/jam.

Di alam liar, kuda nil sering terlihat bertarung dengan predator ganas asal Afrika lainnya seperti buaya, hyena dan singa.

3. Penyelam dan perenang yang handal 

Meskipun mempunyai bobot yang sangat besar, kuda nil merupakan perenang yang hebat. Ketangguhan dari kuda nil dapat terlihat ketika mereka mampu manahan nafas di dalam air hingga waktu lebih dari lima menit. Sewaktu berada di dalam air, lubang telinga dan hidung dari kuda nil akan terlipat dengan sendirinya untuk mencegah air masuk.

4. Makan dengan jumlah porsi yang besar 

Kuda Nil merupakan mamalia Semi-Akuatik yang bertubuh besar berbentuk layaknya sebuah tong. Untuk dapat bertahan hidup, seekor kuda nil membutuhkan makanan sebanyak 1,5 hingga 2 % dari bobot tubuh mereka. Jika seekor kuda nil jantan memiliki bobot 2500 kg, itu berarti ia bisa menghabiskan makanan sebanyak 35 – 50 kg perhari.

5. Dapat hidup hingga 50 tahun 

Di habitat aslinya, kuda nil biasa hidup berkelompok yang terdiri dari 10 hingga 20 ekor kuda nil dan dipimpin oleh seekor jantan yang memiliki tubuh paling besar. Kuda Nil betina akan melahirkan setiap dua tahun sekali. Biasanya, umur dari kuda nil bisa mencapai 40-50 tahun. Kuda Nil merupakan hewan Herbivora yang lebih suka di dalam air untuk mendinginkan badan mereka.

 

Comments are closed.