Fakta Unik Singa yang Jarang Diketahui

Fakta Unik Singa yang Jarang Diketahui

Fakta Unik Singa yang Jarang Diketahui

Fakta Unik Singa yang Jarang Diketahui – Singa adalah salah satu hewan paling terkenal di muka bumi. Siapa pun pasti sudah kenal hewan ini dan mungkin tahu banyak fakta soal mereka.

Mungkin kalian pun demikian. Tetapi, fakta soal singa berikut ini mungkin belum kamu tahu dan bisa membuatmu takjub.

1. Ada yang tinggal di hutan

Kalian mungkin tahu bahwa sebutan raja hutan bagi singa gak sepenuhnya benar. Itu sebab singa di Afrika hidup di sabana dan padang rumput.

Tetapi, sebetulnya, sebutan itu pun gak sepenuhnya salah sebab toh ada pula singa yang hidup di hutan.

Itu merupakan singa Asia (Panthera leo persica), salah satu subspesies singa yang kini hanya tersisa di Gujarat, India.

Laman Zoological Society of London mengatakan bahwa singa di sana hidup di Taman Nasional Hutan Gir. Sayangnya, populasi mereka tinggal ratusan ekor sampai kini berstatus terancam punah.

2. Perenang yang andal

Mungkin kalian terkejut mengetahui bahwa singa jago berenang, namun sebenarnya itu gak aneh sebab semua hewan mamalia memang bisa berenang.

Laman Animal Planet menyampaikan bahwa kadang singa memang harus berenang, contohnya singa yang hidup di sekitar Delta Okavango di Botwsana. Kawasan itu sering kali tergenang air yang cukup dalam.

3. Hewan yang sangat pemalas

Di antara semua spesies kucing besar, singa pantas dinobatkan sebagai yang paling malas. Bagaimana tidak, karena mereka setiap harinya menghabiskan waktu untuk tidur. Seekor singa jantan bisa menghabiskan 18-20 jam sehari.

Bahkan, singa betina yang lebih sibuk sebab harus berburu dan merawat anaknya pun tidur 15-18 jam sehari. Bahkan, bila habis kenyang makan, singa bisa tidur selama 24 jam penuh.

4. Singa betina kadang menangkap hewan kecil hidup-hidup supaya anaknya bisa belajar berburu

Cara singa betina mengajarkan anaknya berburu ternyata cukup unik. Dilansir laman Marataba, singa betina akan menangkap hewan kecil hidup-hidup, contoh seekor impala, kemudian membiarkan anak-anaknya belajar cara menangkap dan menggigit mangsa dengan benar.

Bila hewan itu berusaha kabur, si singa betina akan menahannya dan menjaganya tetap berada dalam jangkauan anaknya.

Pada akhirnya, anak-anak singa akan belajar cara berburu dengan benar dan itu sangat penting bagi kelangsungan hidup mereka di kemudian hari.

Comments are closed.