Fobia Unik pada Hewan Peliharaan

Fobia Unik pada Hewan Peliharaan

Fobia Unik pada Hewan Peliharaan

Fobia Unik pada Hewan Peliharaan – Dari banyaknya jenis hewan di bumi, pasti ada saja yang kamu tidak suka. Entah kamu tidak suka karena bentuk, atau hanya sekadar geli saja.

Kamu pasti akrab dengan kata phobia atau fobia. Fobia adalah rasa takut yang berlebihan yang dimiliki seseorang terhadap sesuatu. Hewan pun menjadi mahluk hidup yang kadang kita takuti.

Anjing, kucing dan ikan adalah hewan yang paling banyak dipelihara. Terkadang, hewan-hewan ini dianggap seperti bagian dari suatu keluarga.

Namun tahukah Anda, di balik lucunya kucing dan anjing ada sebagian orang yang takut akan hewan-hewan tersebut. Ada sejumlah orang yang fobia pada beberapa hewan yang tergolong binatang peliharaan.

Fobia ini disebabkan oleh sejumlah faktor. Namun, faktor yang paling banyak terjadi saat mereka memiliki pengalaman buruk sewaktu kecil dengan sejumlah hewan-hewan ini.

Ailurophobia – Fobia Kucing

Ketakutan terhadap kucing ini dikenal dengan sebutan Ailurophobia. Orang yang memiliki kecenderungan pada fobia ini akan meminta teman atau rekan mereka untuk menyimpannya di ruangan lain.

Terkadang, suara ‘meong’ dari seekor kucing dapat menakuti mereka. Kucing bisa sangat kejam dan jika seorang anak kecil tercakar oleh kucing, ini dapat menyebabkan ailurophobia. Ada beberapa penakluk terkenal seperti Napoleon Bonaparte, Julius Caesar dan Alexander Agung yang diyakini menderita fobia ini.

Equinophobia – Fobia Kuda

Kuda tidak mungkin melawan seseorang seperti anjing dan tidak bisa menyengat seseorang seperti lebah sehingga orang takut pada mereka.

Menunggang kuda adalah hobi yang populer dan jika ada yang jatuh dengan fatal maka bisa menimbulkan permasalahan lain yaitu fobia pada hewan ini.

Atau mungkin, mereka pernah ditendang oleh kuda dan patah pada tulang. Hal ini dapat menyebabkan fobia saat melihat seekor kuda.

Cynophobia – Fobia Anjing

Ketakutan terhadap anjing atau cynophobia bukanlah fobia yang sama sekali tidak rasional karena banyak orang pernah trauma dikejar atau digigit oleh hewan yang satu ini. Mungkin, pada mereka masih anak-anak orang yang memiliki fobia ini pernah mengalami hal demikian. Angka telah menunjukkan bahwa jumlah anjing yang dimiliki di AS pada tahun 2017 naik lebih dari 20 juta dibandingkan dengan survei dari tahun 2000.

Kemungkinan orang dengan fobia ini memiliki setidaknya satu teman yang memiliki anjing. Mereka bahkan takut meninggalkan rumah karena selalu ada seseorang yang membawa anjing.

Bahkan suara gonggongan anjing bisa membuat mereka takut. Cara yang baik untuk menyembuhkan fobia ini bisa dimulai dengan memaparkannya pada anak anjing.

Ichthyophobia – Phobia Ikan

Sementara seseorang mungkin takut pada anjing atau kucing karena rentan diserang, maka yang satu ini cukup unik. Yaitu takut pada ikan atau yang dikenal dengan ichthyophobia.

Ini adalah fobia yang cukup umum dan mungkin lebih masuk akal bagi kebanyakan orang. Salah satu jenis ikan adalah ‘ikan terbang’ jadi mungkin ini adalah sesuatu yang membuat mereka takut ketika kecil.

Karena ikan dianggap kotor dan makhluk berlendir, salah satu penyebab paling umum dari masalah ini adalah kepercayaan bahwa ikan bisa menyebarkan penyakit. Bahkan, pada tingkat yang lebih parah, seseorang dengan fobia ikan ini akan takut pada air.

Comments are closed.