Hewan langka yang hanya hidup di indonesia

Hewan langka yang hanya hidup di indonesia

Hewan langka yang hanya hidup di indonesia

Hewan langka yang hanya hidup di indonesia,-  Indonesia menjadi salah satu negara terbesar dengan beragam keanekaragaman flora dan faunanya. Banyak sekali flora dan fauna yang tersebar di seluruh kepulauan Indonesia. Salah satu nya adalah kelangkaan hewan yang ada di indonesia.

Hewan langka adalah hewan yang sangat jarang kita temukan. Dan perkembang biakannya hanya sedikit dan sulit untuk dikembang biakan.

Beberapa hewan langka yang hanya ada di indonesia :

1. Komodo

Komodo adalah hewan langka yang ada hanya di indonesia dan merupakan salah satu hewan purba yang tersisa di indonesia. Banyak cara untuk kita melihat komodo hanya dengan mengunjungi pulau eksotis, seperti Pulau Komodo, Rinca, Padar, dan Flores. Sangat aman untuk menjelajahi Pulau Komodo dan melihat kadal karnivora terbesar di dunia ini, sambil menikmati pemandangan indah yang ada di pulau tersebut. Namun, pastikan kamu telah mempelajari berbagai peraturan keselamatan secara menyeluruh.

Beberapa orang mengamati ukurannya yang besar, dan menyimpulkan bahwa komodo merupakan kadal tertinggi dan terbesar di dunia. Komodo sendiri memiliki panjang yang mencapai hingga tiga meter.

2. Kerbau Anoa

Anoa adalah kerbau dengan ukuran yang sangat kecil (cebol). Terkadang, masyarakat setempat menyebutnya dengan sapiutan.

Anoa tinggal di seluruh hutan hujan di Sulawesi. Kerbau ini tinggal di dataran rendah dan dataran tinggi. Anoa memiliki nama yang berbeda-beda tergantung dari di mana tempat ia tinggal.

3. Badak Jawa

Badak jawa atau badak dengan cula satu yang lebih pendek adalah hewan langka lain yang ada di Indonesia. Sebagian besar dari badak ini ditemukan di Pulau Jawa.

Populasinya dari tahun ke tahun semakin menyusut. Badak jawa mengalami kesulitan untuk berkembang biak dan mereka hanya hidup selama 80 tahun.

4. Babirusa

Nama hewan ini merupakan gabungan dari hewan babi dan rusa. Secara sekilas, bentuk babirusa seperti campuran antara kepala babi, kaki rusa, dan taring liar yang aneh.

Babirusa memang termasuk ke dalam keluarga babi, tetapi bentuk fisik dan pencernaannya yang seperti rusa, sangat menarik untuk diamati. Babirusa dapat ditemukan di Sulawesi Utara dan beberapa provinsi terdekat lainnya.

5. Maleo

Maleo merupakan salah satu jenis endemik Megapode besar yang ada di Pulau Sulawesi. Maleois adalah satu-satunya anggota dari genus monotip Macrocephalo.

Spesies ini dapat ditemukan di hutan dataran rendah dan juga bukit-bukit di Sulawesi. Maleo adalah salah satu hewan yang dilindungi di Indonesia.

6. Cenderawasih

Cenderawasih adalah spesies endemik yang termasuk ke dalam keluarga Paradisaeidae, atau burung dari surga (paradise). Burung agung dan penuh warna ini dapat ditemukan di Papua, pulau paling timur di Indonesia.

Burung ini, terutama spesies jantannya, memiliki bulu yang sangat berornamen dan halus dengan warna-warna yang cerah dan ekor panjang yang menggantung dengan anggun di tubuh mereka.

Cenderawasih bisa memiliki beberapa campuran warna, dari kuning, cokelat, merah, oranye, hingga warna biru dan ungu yang berbeda-beda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *