Hewan Paling Pemberani di Dunia

Hewan Paling Pemberani di Dunia

Hewan Paling Pemberani di Dunia

Hewan Paling Pemberani di Dunia – Bisa tebak hewan apa yang dianggap paling berani di dunia ini? Kalau kalian berpikir hewan-hewan berbadan besar dengan perawakan buas seperti macan atau singa, maka jawabannya kurang tepat.

Ternyata hewan yang dimaksud berukuran nggak sampai satu meter (dari hidung sampai ekor) dengan berat sekitar 10 kg, dan namanya adalah honey badger.

Honey badger (Mellivora capensis) atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai luwak madu ini adalah hewan yang berasal dari Afrika, bagian Barat Daya Asia, dan beberapa daerah di India.

Meski dinamai honey badger, namun mamalia ini nggak banyak memiliki kesamaan anatomis dengan badger atau musang lainnya, malahan secara anatomis mereka lebih mirip dengan beruang.

Honey badger yang disebut juga ratel adalah hewan karnivora dan hanya memiliki sedikit predator alami karena kulitnya yang tebal dan kemampuan defensif yang ganas.

Ratel atau yang biasa disebut musang madu merupakan sejenis hewan dengan fisik yang mirip dengan musang. Namun demikian hewan ini tidak termasuk ke dalam keluarga yang sama dengan musang. Uniknya, hewan bernama latin Mellivora capensis ini sempat dijuluki sebagai hewan yang paling berani di seluruh dunia.

Mempunyai hubungan dekat dengan serigala

Sekilas mungkin kalian akan berpikir bahwa ratel ini punya hubungan dengan musang, mengingat fisik ratel yang mirip dengan musang hanya saja ukurannya sedikit lebih besar. Namun, faktanya bukanlah demikian. Hewan ini sama sekali tidak mempunyai hubungan kekerabatan dengan musang dan sejenisnya.

Malahan, ratel mempunyai hubungan kekerabatan yang lebih dekat dengan serigala. Dalam ilmu taksonomi, keduanya tergabung dalam subfamili Mustelinae. Mungkin ini juga bisa menjadi alasan ratel memiliki sifat ganas, sama halnya dengan serigala.

Sistem pertahanan ratel

Semua hewan memiliki cara tersendiri untuk berburu makanan ataupun berlindung dari predator. Begitu pula ratel. Sebagai senjata andalannya, ia mempunyai kuku panjang dan tajam. Kuku ini digunakannya untuk membantu saat berburu makanan, kemudian mengoyak daging si mangsa.

Selain itu, ratel juga memiliki sistem pertahanan berupa kulit yang tebal dan elastis seperti
karet. Tebal kulitnya ini diketahui bisa mencapai 5 milimeter, lebih tebal darí hewan manapun di dunia.

Dengan kulit itu, ratel kebal dengan hampir semua serangan, baik itu gigitan singa ataupun lemparan tombak manusia. Selain itu, karena kulitnya juga ratel dapat dengan mudah melarikan diri dari cengkeraman predator, yaitu hanya dengan memelintir tubuhnya. Oh iya, sebagai pertahanan terakhir, ia akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dari anusnya seperti sigung sebelum akhirnya ia melarikan diri.

Hewan yang rakus

Ratel termasuk hewan omnivora yang cukup rakus. Layaknya hyena, ia akan memakan apa saja yang ia dapatkan saat berburu, entah itu buah, tikus, bahkan ular yang berbisa pun ia makan. Ia akan terus berburu hingga perutnya terisi penuh. Namun, dari semua makanan yang ia santap, ada satu makanan yang paling ia sukai, yaítu madu.

Nah, saat perburuannya menemukan madu, ratel seringkali membuntuti burung yang juga suka memakan madu secara diam-diam. Ketika burung itu menemukan madu, ia langsung menyergap semua madu tersebut tanpa membagikannya dengan burung yang telah ia buntuti tadi.

Comments are closed.