Hewan Terbesar Menurut Jenisnya

Hewan Terbesar Menurut Jenisnya

Hewan Terbesar Menurut Jenisnya

Hewan Terbesar Menurut Jenisnya – Dunia ini dipenuhi dengan berbagai macam mahluk hidup, baik yang kecil maupun besar, yang pendek maupun yang panjang, di bawah ini adalah 15 hewan paling besar di dunia yang di klasifikasikan berdasarkan jenisnya seperti mamalia, reptil, burung, ampibi dll.

Dunia binatang adalah dunia yang sangat menarik untuk dipelajari. Selain tingkah lakunya yang unik, salah satu hal yang kerap menarik perhatian dari hewan adalah ukurannya. Seringkali kita dibuat takjub dengan ukuran hewan yang di luar nalar.

Hewan darat terbesar: Gajah semak afrika

Seperti mungkin sudah bisa kamu tebak, gelar hewan darat terbesar di bumi saat ini jatuh kepada gajah. Tepatnya adalah gajah semak afrika (Loxodonta africana africana), subspesies dari gajah afrika. Seberapa besar mereka? Panjangnya bisa mencapai 7,5 meter, tinggi 3,3 meter hingga ke bahu, dan berat 6 ton, seperti dicatat laman World Wildlife Fund.

Omnivora terbesar: Beruang kodiak

Beruang kodiak (Ursus arctos middendorffi) adalah subspesies dari beruang coklat yang hidup di Kepulauan Kodiak di Alaska. Mereka adalah hewan omnivora terbesar di dunia, dengan panjang sekitar 2,5 meter dan bobot hingga 680 kg. Makanan mereka mencakup ikan dan buah-buahan.

Invertebrata terbesar: cumi-cumi raksasa

Namanya saja cumi-cumi raksasa, maka tentu hewan ini berukuran super besar. Cumi-cumi raksasa (Architeuthis dux) terbesar yang pernah dicatat berukuran panjang hampir 13 meter dan berat 1 ton. Dan karena mereka hidup di kedalaman samudera, bukan mustahil individu berukuran jauh lebih besar lagi masih tersembunyi di sana.

Reptil terbesar: buaya muara

Hewan yang termasuk reptil adalah buaya, kadal, ular, dan kura-kura. Dari seluruh spesies reptil, yang berukuran paling besar adalah buaya muara (Crocodylus porosus) yang dicatat Discover Wildlife bisa mencapai panjang 7 meter dan berat 2 ton. Hewan ini lebih banyak hidup di wilayah pantai, sehingga sering disebut juga buaya air asin.

Burung terbesar: burung unta

Bagaimana dengan burung terbesar? Kamu mungkin sudah mengetahuinya. Ya, dengan tinggi mencapai 2,75 meter dan berat lebih dari 150 kg, burung unta (Struthio camelus) adalah burung terbesar di dunia. Tak hanya itu, mereka juga adalah makhluk berkaki dua tercepat di bumi, karena bisa berlari dengan kecepatan lebih dari 70 km per jam.

Hewan pengerat terbesar: kapibara

Hewan pengerat adalah kelompok hewan yang mencakup tikus, tupai, dan berang-berang. Kapibara (Hydrochoerus hydrochaeris) adalah hewan terbesar dalam kelompok ini, dengan panjang bisa mencapai 1,25 meter dan berat 66 kg. Karena berukuran besar dan berhabitat di sungai atau danau, kapibara juga kadang disebut babi air.

Cacing terbesar: cacing raksasa australia

Kalau kamu geli melihat cacing, kamu mungkin bakal lari ketakutan jika melihat cacing raksasa australia (Megascolides australis). Cacing ini bisa tumbuh hingga sepanjang 3 meter, diameter 2 cm, dan berat 200 gram. Mereka memang bukan cacing terpanjang, tapi diemeternya yang besar membuat mereka pantas disebut cacing terbesar di dunia.

Comments are closed.