Jaga Kesehatan Mulut dengan Oil Pulling

Jaga Kesehatan Mulut dengan Oil Pulling

Jaga Kesehatan Mulut dengan Oil Pulling, Pengobatan Tradisional India

Jaga Kesehatan Mulut dengan Oil Pulling – Banyak cara dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Paling dasar adalah menyikat gigi minimal dua kali sehari. Ada juga yang menambahkan kebiasaan berkumur dengan obat kumur. Oil Pulling adalah pengobatan tradisional alami yang berasal dari India dan mulai menyebar ke berbagai negara.

Selain banyaknya manfaat untuk kesehatan mulut yang didapatkan, cara penerapannya yang mudah juga menjadi faktor pendukung kepopuleran pengobatan yang satu ini. Oil Pulling dilakukan dengan cara Download Aplikasi IDN Poker berkumur menggunakan minyak nabati organik (kelapa, zaitun, dan wijen). Aktivitas berkumur menggunakan minyak organik ini dipercaya serta telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.

Penasarankan apa saja manfaatnya dan bagaimana cara melakukan oil pulling yang benar? Yuk simak dan catat informasinya berikut ini!

Dapat membantu menghilangkan bau mulut

Bau mulut dapat disebabkan oleh berbagai kondisi. Dan yang paling umum di antaranya adalah karena kebersihan mulut yang buruk, infeksi gusi, dan bakteri yang terperangkap di lidah.

Cara umum untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menyikat gigi atau berkumur dengan menggunakan obat kumur antiseptik (chlorhexidine). Namun dalam sebuah studi, ditemukan bahwa melakukan oil pulling sama efektifnya dengan berkumur menggunakan chlorhexidine dalam mengatasi bau mulut.

Dalam studi itu, 10 anak diminta untuk melakukan oil pulling dan 10 lainnya diminta berkumur dengan chlorhexidine. Dan ternyata kedua perlakuan tersebut sama-sama menyebabkan penurunan signifikan dalam menghilangkan mikroorganisme penyebab bau mulut.

Sehingga terbukti bahwa oil pulling dapat dijadikan sebagai pengobatan alami yang dapat membantu memerangi bau mulut.

Mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan gusi

Gingivitis adalah penyakit gusi yang ditandai dengan gusi membengkak dan mudah mengeluarkan darah. Bakteri yang ditemukan dalam plak adalah penyebab utama radang gusi.

Dalam suatu studi, 60 peserta yang menderita radang gusi mulai melakukan oil pulling menggunakan minyak kelapa organik selama 30 hari. Setelah satu minggu percobaan yang dilakukan mulai menunjukkan hasil. Plak yang timbul di mulut mereka mulai berkurang, serta terjadi peningkatan pada kesehatan gusi.

Cara melakukan oil pulling yang benar

Langkah-langkah yang benar dalam melakukan oil pulling adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan oil pulling sebelum kamu menggosok gigi atau mengkonsumsi makanan dan minuman apapun
  2. Ambil satu sendok minyak organik (kelapa, zaitun, atau wijen), lalu berkumurlah dengan minyak tersebut selama 10-15 menit.
  3. Setelah selesai, buang minyak dan lanjutkan dengan berkumur menggunakan air hangat untuk membersihkan sisa minyak secara menyeluruh
  4. Lakukan secara rutin untuk memperoleh hasil maksimal

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan oil pulling. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan menggunakan minyak organik berkualitas dalam aktivitas oil pulling
  • Jangan membuang minyak bekas oil pulling ke wastafel, apalagi jika kamu menggunakan minyak kelapa. Karena dapat menyebabkan wastafel menjadi tersumbat.
  • Jangan ditelan! Karena minyak yang di pakai untuk oil pulling tersebut telah mengandung banyak bakteri yang pastinya tidak sehat bagi tubuhmu.

Membunuh bakteri berbahaya di mulut

Di dalam mulut terdapat banyak bakteri yang di antaranya dapat berbahaya dan menyebabkan banyak masalah seperti bau mulut, kerusakan gigi, dan infeksi gusi. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016, terbukti bahwa dengan melakukan oil pulling dapat mengurangi jumlah bakteri berbahaya dalam air liur dan mulut.

Dengan mengurangi jumlah bakteri berbahaya di mulut kamu dapat menjaga kebersihan mulutmu dengan baik dan terhindar dari berbagai masalah.

Membantu mencegah gigi berlubang

Rongga-rongga awal pembentukan lubang di gigi berasal dari pembusukan gigi sebagai akibat dari penumpukan bakteri, kebersihan mulut yang buruk, dan terlalu banyak mengonsumsi gula. Selain itu plak juga bisa menyebabkan gigi berlubang.

Plak membentuk lapisan pada gigi yang terdiri dari bakteri, air liur, dan partikel makanan. Kemudian bakteri mulai memecah partikel makanan dan membentuk asam yang menghancurkan enamel dan merusak gigi.

Penelitian menemukan bahwa dengan melakukan oil pulling dapat mengurangi jumlah bakteri berbahaya di mulut dan mengurangi timbulnya plak, sehingga kesehatan gigi dan mulut dapat terjaga dengan baik.

Mengurangi sariawan akibat infeksi

Munculnya sariawan di mulut membuat kita jadi merasa tidak nyaman saat makan maupun minum. Banyak hal yang dapat menjadi penyebab sariawan, mulai dari stress, hormon, kanker, iritasi, dan infeksi. Oil pulling dapat membantu mencegah dan mengurangi timbulnya sariawan yang disebabkan oleh infeksi bakteri di mulut.

Selain sariawan juga dapat dipicu karena penggunaan pasta gigi dan obat kumur yang  mengandung sodium lauryl sulphate dan alkohol. Tentunya berkumur dengan cara oil pulling dapat menjadi alternatif terbaik untuk menghindari hal tersebut.

Nah, itulah fakta dan manfaat oil pulling untuk kesehatan mulutmu. Yuk mulai praktikkan dari sekarang dan rasakan sendiri manfaatnya!

Comments are closed.