Kebiasaan Minum Ini Wajib Kamu Hindari

Kebiasaan Minum Ini Wajib Kamu Hindari

Demi Alasan Kesehatan, Kebiasaan Minum Ini Wajib Kamu Hindari

Kebiasaan Minum Ini Wajib Kamu Hindari – Air putih dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain mendukung proses detoksifikasi, mencukupi kebutuhan air putih juga bisa mencegah dehidrasi. Hal ini tentu bisa membuat badan semakin bugar dan nggak mudah terkena penyakit.

Ketika sedang minum air putih, pernahkah terbersit dalam pikiranmu kalau ternyata ada beberapa aturan kesehatan yang harus kamu ikuti? Meskipun banyak minum air putih sangat disarankan, ternyata kalau kamu gak mengikuti aturan-aturan ini justru bisa menyebabkan masalah kesehatan serius, lho!

Gak bisa sembarangan lagi, yuk simak kebiasaan yang wajib kamu hindari ketika sedang minum.

Minum sambil diselingi makan

Minum sedikit air ketika sedang makan sebenarnya tidak masalah. Namun, minum satu hingga dua gelas ternyata bisa mengganggu pencernaan. Minum di sela makan bisa mempengaruhi tingkat keasaman lambung dan mengganggu proses pemecahan protein, penyerapan vitamin, dan pada akhirnya proses pencernaan makanan dalam tubuhmu.

Karenanya, lebih baik untuk minum dengan jeda beberapa saat setelah makan. Para peneliti bahkan menyarankan untuk minum satu hingga dua jam setelah kamu selesai makan agar penyerapan nutrisi bisa berjalan secara lebih sempurna.

Mencukupi Kebutuhan Air Putih Ternyata Masih Nggak Cukup

Banyak minum saat akan tidur di malam hari

Banyak pakar kesehatan sepakat menyarankan untuk tidak minum air terlalu banyak sebelum tidur. Saat kamu sedang tidur, tubuh akan memperlambat berbagai fungsi organ tubuh, termasuk ginjal. Hal ini akan berdampak besar pada produksi urin yang juga ikut menurun. Kamu pun bisa bertahan hingga keesokan harinya untuk gak buang air kecil.

Nah, untuk menghindari nokturia, kamu bisa mengatur jam minummu. Sebaiknya, kamu mengonsumsi gelas air terakhir beberapa jam sebelum tidur. Dilansir dari berbagai sumber, disarankan untuk memperbanyak minum air di siang hari dan mulai menguranginya saat malam tiba.

Minum sambil berdiri

Selama ini, kamu mungkin diajari orang tua untuk gak minum sambil berdiri untuk alasan kesopanan. Tapi ternyata secara medis, minum sambil duduk terbukti lebih menyehatkan daripada sambil berdiri. Ketika kamu minum air sambil berdiri, air yang masuk ke tubuhmu akan melewati sistem yang mengalir lurus dan gak benar-benar mencapai organ tubuh yang seharusnya.

Minum ketika sedang tersedak

Saat kamu sedang tersedak, mungkin gak jarang orang lain akan menyarankanmu untuk minum air putih secukupnya. Tapi, hal itu malah tidak disarankan oleh para ahli medis karena bisa berakibat buruk. Sebenarnya, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi, yaitu minum akan bisa mengatasi atau justru memperparah keadaan.

Apabila makanan atau benda yang membuatmu tersedak terletak di bagian yang menuju paru-paru, minum air bisa membuat makanan atau benda ini masuk semakin jauh ke dalam saluran pernapasan. Hal ini bisa menyebabkan efek yang lebih buruk untuk kesehatanmu, seperti kesulitan bernapas.

Minum air dalam jumlah berlebihan

Mengonsumsi air yang cukup memang sangat disarankan, tapi bukan berarti berlebih. Ketika kamu mengonsumsi terlalu banyak air, ginjalmu akan menjadi terbebani lho. Ya, ginjal akan menanggung lebih banyak beban untuk disaring.

Idealnya, sangat disarankan untuk minum 2 sampai 3 liter air per hari. Sebaiknya, kamu minum sejumlah air tersebut secara mencicil dan hindari minum banyak air sekaligus dalam satu waktu.

Nah, apakah kamu masih sering melakukan satu atau lebih kebiasaan buruk di atas? Kalau masih, sudah siapkah kamu untuk mengubah kebiasaan minummu menjadi lebih sehat?

Comments are closed.