Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan

Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan

Khasiat Luar Biasa Bawang Putih untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan – Bawang putih tidak hanya berfungsi sebagai bumbu wajib yang ada di rumah, melainkan juga diyakini ampuh menjaga kesehatan tubuh Anda. Apalagi jika dikunyah mentah-mentah.

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang mudah ditemui dan memiliki sejuta fungsi dan manfaat. Gak cuma untuk bahan dasar memasak saja, namun bawang putih memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh kita, lho! Yuk, cek apa saja Apk IDN Poker khasiat bawang putih bagi kesehatan tubuh kita.

Dapat menurunkan hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit kardiovaskular, di mana tekanan darah pada saat itu mengalami kenaikan di atas normal. Senyawa aktif pada bawang putih akan mempengaruhi otot jantung dan pembuluh darah sehingga terjadi relaksasi dan tekanan darah menurun.

Mencegah peningkatan kolesterol

Bawang putih dapat menaikkan fungsi kardiovaskuler karena dapat menjaga serangan hiperkolestreol. Antioksidan memiliki peran dalam mencegah peningkatan kolesterol. Studi telah membuktikan pemberian bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol.

Mencegah pembentukan sel kanker dan memperkuat imun tubuh

Kanker adalah sekumpulan sel yang pertumbuhannya tidak terkendali dan tidak terorganisir. Kanker dapat timbul karena mutasi gen. Studi telah membuktikan bahwa bawang putih memiliki aktivitas antikanker dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 Jenis Umbi-umbian yang Memiliki Nama Latin Allium Sativum

Mencegah penyakit diabetes

Diabetes adalah penyakit dimana kadar gula dalam darah saat itu diatas normal. Allisin dan alliin adalah senyawa pada bawang putih yang bekerja dengan memicu pankreas untuk mengeluarkan lebih banyak getah insulin sehingga terjadi penurunan kadar gula dalam darah.

Antioksidan

Allisin adalah antioksidan utama yang terdapat dalam bawang putih. Antioksidan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan Reactive Oxygen Species (ROS) yang dapat menyerang protein, lemak dan menyebabkan kerusakan DNA.

Antimikroba

Bawang putih berpotensi sebagai antimikroba yaitu pada bakteri, jamur dan virus. Senyawa yang memiliki aktivitas antivirus paling tinggi daripada senyawa yang lain adalah allisin. Studi telah membuktikan bahwa bawang putih dapat mencegah pertumbuhan bakteri.

Pemacu fibrinolisis

Fibrinolisis adalah mekanisme dalam homeostasis tubuh. Gumpalan darah yang ada pada pembuluh darah harus melalui fibrinolisis agar tidak terjadi kemacetan aliran darah. Pada penderita diabetes, hiperkolesterol dan hipertensi fibrinolisis mengalami penurunan. Oleh karena itu, dianjurkan mengonsumsi bawang putih untuk meningkatkannnya.

Nah, itu manfaat bawang putih untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui. Mulai saat ini ayo manfaatkan bahan alami di sekitar untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Comments are closed.