Khasiat Daun Pepaya bagi Kesehatan

Khasiat Daun Pepaya bagi Kesehatan

Biasa Dijadikan Sayur, Ini Khasiat Daun Pepaya bagi Kesehatan

Khasiat Daun Pepaya bagi Kesehatan – Pepaya, merupakan salah satu buah yang familiar bagi masyarakat Indonesia. Rasanya yang enak dikonsumsi langsung atau pun diolah terlebih dahulu. Membuat banyak orang sangat suka buah ini.  Pepaya (Carica papaya L.) merupakan tanaman perdu yang hampir semua bagian tanamannya dapat dimanfaatkan, mulai dari daun, bunga, batang, buah hingga akarnya.

Daun pepaya biasa dimasak dijadikan olahan sayur atau lalapan. Meski rasanya pahit, tetapi manfaatnya bagi tubuh sangat besar, lho, dan sering dimanfaatkan sebagai obat herbal. Secara turun-temurun, daun pepaya biasa dimanfaatkan sebagai obat tradisional karena daun ini mengandung banyak kandungan berkhasiat, seperti enzim papain, tanin, alkaloid, flavonoid, terpenoid, dan saponin.

Semua senyawa aktif tersebut memiliki mekanismenya masing-masing dalam mengatasi berbagai masalah pada tubuh. Penasaran apa saja manfaat dari Poker IDNPlay Deposit Telkomsel daun pepaya bagi tubuh? Berikut ini pembahasannya!

Mengobati diare

Daun pepaya juga sudah digunakan oleh masyarakat luas sebagai pengobatan diare. Disebabkan oleh beberapa mikroba, Escherichia coli adalah salah satu bakteri yang biasa menjadi penyebab munculnya gangguan pencernaan tersebut.

Penelitian dalam Jurnal Analis Kesehatan Klinikal Sains tahun 2019 membuktikan bahwa ekstrak daun pepaya terbukti mampu menghambat pertumbuhan Escherichia coli sebagai bakteri penyebab diare.

Khasiat tersebut berasal dari senyawa aktif daun pepaya yang berperan sebagai antibakteri, antara lain flavonoid, tanin, steroid, alkaloid, saponin, dan triterpenoid.

Meningkatkan trombosit pada penderita DBD

Pada penderita demam berdarah dengue (DBD) umum ditemui adanya penurunan jumlah trombosit dalam darah. Nah, daun pepaya diketahui juga punya kemampuan untuk meningkatkan trombosit, lho.

Menurut studi dalam Jurnal Dunia Farmasi tahun 2019, potensi daun pepaya dalam meningkatkan jumlah trombosit pada penderita DBD ini disebabkan karena adanya enzim proteinolitik, seperti papain dan chymopapain, yang turut membantu meningkatkan jumlah trombosit.

Selain itu, kandungan alkaloid, flavonol, dan flavonoid juga berperan dalam mencegah terjadinya trombositopenik dan memberi efek stimulan pada produksi sel darah.

Masih dari jurnal yang sama, kandungan vitamin dan mineral dalam daun pepaya rupanya juga membantu dalam peningkatan hemoglobin, hematokrit, sel darah merah, trombosit, dan isi total protein. Wah, daun pepaya memang sangat berkhasiat!

Meningkatkan sistem imun

Sistem imun adalah mekanisme pertahanan dari tubuh untuk melindungi diri dari segala bahan asing yang bersifat berbahaya. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkannya adalah dengan penggunaan imunostimulan.

Efek imunostimulan ini bisa didapatkan dari bahan alam, seperti tumbuhan. Berdasarkan jurnal Farmaka tahun 2019, daun pepaya diketahui memiliki efek dalam menstimulasi sistem kekebalan tubuh. Efek ini berasal dari kandungan flavonoid yang terdapat di dalam daun pepaya.

Masih dari sumber yang sama, ekstrak daun pepaya ditemukan dapat meningkatkan aktivitas respons imun IgG dan IgM. Daun pepaya juga mampu merangsang sitokin tipe Th1 yang ikut andil dalam pengaturan sistem imun.

Mempercepat penyembuhan luka

Telah lama digunakan banyak orang sebagai pengobatan tradisional, daun pepaya juga dimanfaatkan sebagai obat luka. Hal ini juga telah dibuktikan dalam penelitian dalam Majalah Patologi tahun 2013.

Penelitian dalam jurnal tersebut menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya memberikan peningkatan jumlah makrofag dan jaringan kolagen yang terbentuk pada penyembuhan luka iris.

Hal tersebut diduga karena aktivitas dari kandungan daun pepaya, berupa enzim papain yang memiliki efek antiinflamasi dan analgesik, serta saponin yang memengaruhi pembentukan jaringan kolagen.

Mengatasi demam

Khasiat lainnya yang dimiliki oleh daun pepaya adalah mampu menurunkan demam. Adanya kandungan yang bersifat antipiretik atau antidemam membuat daun pepaya juga dapat dimanfaatkan dalam mengatasi demam.

Sebuah penelitian dalam jurnal eBiomedik tahun 2014 menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya memberikan efek antipiretik pada tikus wistar sebagai hewan uji. Senyawa flavonoid yang terkandung di dalamnya diduga memiliki efek antipiretik.

Gimana, dahsyat, kan, manfaat kesehatan dari daun pepaya? Karena sudah tahu kebaikannya tersebut, yuk, lebih sering menyantapnya! Kombinasikan juga dengan bahan makanan sehat lainnya, ya, agar asupan nutrisimu seimbang.

Comments are closed.