Makanan lezat yang terancam punah di belahan dunia

Makanan lezat yang terancam punah di belahan dunia

Makanan dunia yang hampir punah

Makanan lezat yang terancam punah di belahan dunia – Mungkin saat kita kecil, kita sering memakan makanan yang sekarang sudah sulit ditemui lagi. Dan memang, bukan hanya hewan atau tumbuhan saja yang bisa menjadi langka, makananpun demikian.

Ada bermacam sebabnya. Yang jelas, bukan karena rasanya tidak enak. Justru rasanya lezat dan membikin kangen. Orang bisa jadi secara perlahan meninggalkan makanan tradisional karena mereka lebih suka makanan masa kini yang lebih menarik dan modern.

Makanan lezat yang terancam punah di belahan dunia

Nasi Thiwul

Jenis masakan ini sudah banyak dilupakan orang. Orang mungkin lebih mengenal thiwul yang diberi kelapa dan gula. Namun nasi thiwul ini berbeda. Cara mengkonsumsinya dengan lauk dan sayur seperti kita makan nasi putih biasa.

Di daerah lain, mungkin makanan ini sudah tidak bisa ditemui lagi. Orang sudah banyak makan nasi putih. Namun masakan berbahan dasar tepung singkong ini masih bisa ditemui beberapa warung makan di Pacitan, kota di ujung selatan Jawa Timur. Konon, dari jaman dulu penduduk di sana makan nasi thiwul karena makanan ini jauh lebih murah, membuat awet kenyang dan bisa menyembuhkan penyakit maag.

Ortolan

Ortolan adalah sejenis burung penyanyi dengan postur kecil dari genus Emberiza. Sejak dulu burung ini biasa dijadikan bahan masakan mewah di Prancis namun kini populasinya menurun drastis.

Selain langka, proses pengolahan hidangan dari ortolan juga dianggap kontroversial. Burung yang sudah ditangkap dikurung di dalam kandang yang tertutup rapat, kemudian diberi makan berlebihan agar berat badannya naik dalam waktu singkat. Setelah itu, ortolan ditenggelamkan di dalam armagnac, sejenis minuman keras hingga mati dan dimasak selama delapan menit.

Pada tahun 1997, pemerintah Prancis memang sempat melarang perburuan dan perdagangan burung ortolan. Namun undang-undang tersebut baru benar-benar diterapkan sejak tahun 2007.

Banyak pecinta kuliner dan chef masakan Prancis menyayangkan aturan ini karena menganggap ortolan sebagai salah satu warisan paling berharga dalam kuliner negara tersebut.

Sayur Babanci

Sayur Babanci merupakan salah satu makanan khas Betawi. Bahan utama masakan ini adalah sayuran, daging sapi, daging kelapa muda dan petai. Kuahnya berupa kuah pedas bersantan. Mirip dengan gulai, namun sayurnya lebih dominan.

Sayur ini sudah jarang ditemui di masyarakat Betawi karena susahnya mencari bumbu pelengkapnya. Meskipun bahan utamanya relatif gampang, ternyata memerlukan bumbu yang sulit dicari, seperti temu mangga, kedaung, bangle, adas, dan lempuyang. Lantaran sulitnya mencari sebagian bahan-bahan tersebut, kini warga Betawi hanya menyajikan sayur itu pada hari-hari besar keagamaan sebagai menu keluarga, seperti buka puasa, Hari Raya Idul Fitri, dan Hari Raya Idul Adha.

Su Filindeu

Su Filindeu adalah pasta paling langka di dunia. Para chef dunia menyebut teknik pembuatannya sangat susah dan konon katanya sampai kini cuma ada tiga wanita asal Nuoro, Italia yang pernah sukses membuatnya.

Selain bahan bakunya sudah susah dikumpulkan, untuk membuat Su Filindeu harus membutuhkan kesabaran ekstra bagi sang juru masaknya. Adonan semolina gandum harus dibuat menjadi benang-benang halus, kemudian disusun menjadi tiga lapis pasta yang terdiri dari 256 helaian.

 

Comments are closed.