Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Kesehatan

Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Kesehatan

Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Kesehatan

Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Kesehatan – Lemak (bahasa Inggris: fat) merujuk pada sekelompok besar molekul-molekul alam yang terdiri atas unsur-unsur karbon, hidrogen, dan oksigen meliputi asam lemak,  malam, sterol, vitamin-vitamin yang larut di dalam lemak (contohnya A, D, E, dan K), monogliserida, digliserida, fosfolipid, glikolipid, terpenoid (termasuk di dalamnya getah dan steroid) dan lain-lain.

Lemak secara khusus menjadi sebutan bagi minyak hewani pada suhu ruang, lepas dari wujudnya yang padat maupun cair, yang terdapat pada jaringan tubuh yang disebut adiposa.

Sama seperti karbohidrat dan protein, lemak juga merupakan makronutrien yang penting bagi tubuh. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu menghindari makanan berlemak. Tubuh membutuhkan login idn poker apk sejumlah lemak dari makanan untuk membantu fungsi hormon, memori, dan penyerapan nutrisi tertentu.

Konsumsi lemak sehat juga menciptakan rasa kenyang, memperlambat pencernaan karbohidrat, dan menambah rasa pada makanan. Walaupun begitu, kamu perlu selektif dalam memilih makanan berlemak. Lemak yang paling menyehatkan adalah lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, termasuk asam lemak omega-3 dan omega-6. Inilah beberapa makanan tinggi lemak yang baik bagi kesehatan.

1. Alpukat

avocado 829092 1280 6ef63ff480f421f38af8a7457962c64c - Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Kesehatan

Alpokat termasuk buah yang tinggi akan lemak sehat, di mana satu buah alpukat mengandung sekitar 29 g lemak dan 322 kalori. Alpokat tinggi asam lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat, yang bermanfaat bagi kesehatan.

Penelitian dalam jurnal Nutricion Hospitalaria menunjukkan bahwa asam oleat bertindak sebagai antiinflamasi dan berpotensi dalam pencegahan kanker. Studi yang melibatkan hewan ini menunjukkan bahwa minyak alpukat bisa melindungi dari penyakit jantung dan diabetes.

Selain itu, buah ini juga tinggi serat, dengan satu buah menyediakan 13,5 g serat. Alpukat juga mengandung zat yang disebut lutein, yang diperlukan untuk kesehatan mata dan juga merupakan sumber potasium yang kaya.

2. Ikan

photo 1499125562588 29fb8a56b5d5 5b3523641b74a6806af6ac57dcfbf34f - Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Kesehatan

Salah satu dari sedikit produk hewani yang paling sehat adalah ikan berlemak, seperti salmon, trout, mackerel, sarden, dan herring. Semua jenis ikan ini sarat akan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung, protein berkualitas tinggi, dan segala macam nutrisi penting.

Studi dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa individu yang konsisten makan ikan cenderung jauh lebih sehat, dan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, depresi, demensia, dan segala jenis penyakit umum.

3. Kacang

img 20191118 054411895 367983694fbad9fa01c7d6f3a84ac805 - Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Kesehatan

Kacang merupakan makanan tinggi lemak dan serat sehat, dan merupakan sumber protein nabati yang baik. Kacang-kacang merupakan sumber vitamin E dan sarat akan magnesium, mineral yang kebanyakan orang tidak cukup mendapatkannya. Beberapa jenis kacang yang sehat, adalah almond, kenari, kacang macadamia, dan banyak lainnya.

Studi dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kacang cenderung lebih sehat, dan memiliki risiko lebih rendah terkena berbagai penyakit kronis, seperti obesitas, penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

4. Cokelat hitam

img 000000 000000 0c3e8c65ae26444761e2b176bf8d378e - Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Kesehatan

Saat kamu sedang ingin makan-makanan yang manis, sebaiknya pilih cokelat hitam. Sebab, cukup dengan makan 1 ons cokelat hitam sudah cukup untuk mengatasi dan mencegah keinginan makan manis, sekaligus memberikan 9 gram lemak sehat, serta nutrisi lain, seperti kalium dan kalsium.

Cokelat hitam juga mengandung 41 mg magnesium atau sekitar 13 persen dari yang direkomendasikan untuk perempuan dewasa. Cokelat hitam juga sangat kaya akan antioksidan flavonoid, yang bahkan lebih banyak daripada antioksidan dalam bubuk blueberry.

Penelitian dalam jurnal Clinical Nutrition menunjukkan bahwa makan cokelat hitam dapat menurunkan risiko penyakit jantung pada orang di Amerika Serikat. Di mana peserta yang makan cokelat 5 kali atau lebih dalam seminggu memiliki risiko rendah terkena penyakit kardiovaskular.

5. Telur

photo 1525671661040 b38bb04d4968 d3290ab90d3ee9edd04550df75d24e4a - Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Kesehatan

Telur merupakan superfood yang dikenal karena menjadi sumber protein yang tinggi. Secara tradisional, banyak orang yang percaya bahwa putih telur adalah bagian yang paling menyehatkan, tetapi sebenarnya kuning telur memiliki keunggulan karena mengandung beberapa nutrisi penting. Setiap 50 g telur rebus mengandung 5,3 g lemak, dengan hanya 78 kalori.

Kuning telur juga mengandung vitamin D dan kolin, salah satu vitamin B yang mendukung fungsi hati, otak, saraf, dan otot. Kuning telur juga mengandung fitonutrien lain, termasuk lutein.

Sementara penelitian yang dalam British Medical Journal yang dilakukan pada orang dewasa Tiongkok, melaporkan bahwa mengonsumsi 1 butir telur sehari dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Wah, ternyata lemak tidak harus selalu dihindari bukan, justru lemak sangat dibutuhkan tubuh. Walaupun begitu, kamu juga perlu selektif dalam memilih sumber lemak, pilihlah makanan di atas karena merupakan sumber lemak yang sehat.

Comments are closed.