Manfaat Berkeringat bagi Kesehatan

Manfaat Berkeringat bagi Kesehatan

Jangan Takut Lepek! Ini Manfaat Berkeringat bagi Kesehatan

Manfaat Berkeringat bagi Kesehatan – Setiap kali Anda beraktivitas di tempat yang panas atau melakukan kegiatan fisik yang cukup berat, tubuh Anda akan mulai berkeringat. Meski bikin badan terasa lengket, keringat ternyata memiliki peran yang penting untuk menjaga fungsi kerja tubuh manusia.

Saat berkeringat, kita mungkin akan merasa kurang nyaman, panas, lepek, dan lengket. Sehingga banyak yang berusaha untuk mengurangi aktivitas yang menyebabkan keringat di luar olahraga. Padahal, keringat merupakan salah satu mekanisme yang sangat berguna bagi tubuh.

Berkeringat terbukti memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan, sehingga kita semua disarankan untuk Download Aplikasi IDN Poker banyak melakukan aktivitas yang dapat memicu keluarnya keringat, seperti olahraga dan menikmati sauna.

Jadi penasaran, memangnya apa saja manfaat sehat yang didapat saat kita berkeringat? Berikut ini penjelasannya!

Baik untuk kesehatan jantung

Menempatkan tubuh dalam situasi di mana ia perlu mendinginkan dirinya sendiri dengan berkeringat dapat membuat jantung memompa seperti halnya latihan kardio.

Selain itu, mengeluarkan keringat, baik dari latihan fisik atau karena berada di lingkungan yang panas seperti sauna, dapat mengurangi risiko masalah kesehatan kardiovaskular.

Sebuah penelitian dalam JAMA Internal Medicine menemukan bahwa orang yang lebih sering berkeringat di sauna cenderung lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit fatal selama masa penelitian tersebut.

Mencegah batu ginjal

Batu ginjal dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Agar tidak merasakan kesakitan akibat batu ginjal, yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan langkah untuk mencegah terkena batu ginjal. Seperti menghindari konsumsi terlalu banyak makanan berlemak, diet tinggi garam, dan melancarkan sistem metabolisme.

Menurut laman Lifehack, berolahraga dan minum air secara rutin bermanfaat untuk “membilas” sistem tubuh dengan lebih efisien dan membantu mengontrol timbulnya batu ginjal.

Berkeringat saat berolahraga membuat tubuh membutuhkan lebih banyak hidrasi, yang pada gilirannya membuat ginjal menjadi lebih sehat.

Detoksifikasi logam berat

Sebuah studi dalam jurnal Environmental Science and Pollution Research menunjukkan bahwa kadar logam berat paling rendah ada pada orang yang berolahraga secara teratur.

Logam berat ditemukan dalam keringat dan urine dengan konsentrasi lebih tinggi pada keringat. Kondisi ini mengarah pada kesimpulan bahwa keringat adalah metode potensial untuk menghilangkan logam berat bersamaan dengan urine.

Menjaga imunitas tubuh

Sering kali kulit menjadi garis pertahanan pertama terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Keringat adalah bagian dari sistem pertahanan biologis ini, yang berfungsi sebagai pencegah serangan kuman.

Selain itu, menurut studi dalam jurnal Clinical and Experimental Dermatology, keringat manusia mengandung protein pembunuh kuman alami yang disebut dermcidin. Yang dapat melindungi tubuh dari strain kuman penyebab penyakit, seperti MRSA dan tuberkulosis.

Pembersihan BPA

Bisphenol A (BPA) adalah bahan kimia industri yang biasa digunakan dalam pembuatan resin dan plastik tertentu. Melansir Mayo Clinic, paparan BPA mungkin memiliki efek kesehatan pada otak dan perilaku bersama dengan kemungkinan terjadinya peningkatan tekanan darah.

Menurut sebuah studi dalam Journal of Enviromental and Public Health, keringat adalah rute pembuangan yang efektif untuk BPA serta alat untuk pemantauan biologis BPA.

Wah, ternyata berkeringat memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan bukan? Untuk itu, yuk, lebih aktif bergerak agar tubuh bisa mengeluarkan banyak keringat. Jangan takut lepek karena keringat!

Comments are closed.