Manfaat Kesehatan Buah Mangga

Manfaat Kesehatan Buah Mangga

Baik untuk Kulit, Jangan Lewatkan Manfaat Kesehatan Buah Mangga Ini

Manfaat Kesehatan Buah Mangga – Mangga adalah salah satu buah yang mudah ditemukan di seluruh dunia. Buah dengan rasa yang segar ini menyimpan segudang manfaat yang berguna untuk kesehatan Anda. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, buah mangga menyimpan banyak agen poker manfaat kesehatan lewat berbagai kandungan nutrisinya.

Buah ini bisa dimakan langsung, dijadikan camilan sehat pengganti donat, keripik, kue, atau camilan tak sehat lainnya. Uraian tentang khasiat buah mangga di bawah ini dijamin akan membuatmu ingin rutin mengonsumsinya!

Meningkatkan sistem imun

Melansir Healthline, dalam 165 gram buah mangga terkandung 10 persen kebutuhan harian vitamin A. Berdasarkan berbagai penelitian, vitamin A ini penting sekali dalam menjaga kekebalan tubuh. Defisiensi vitamin A, mengakibatkan imunitas seseorang menurun sehingga gampang terkena infeksi.

Nutrisi dalam buah mangga yang juga penting dalam meningkatkan sistem imun adalah vitamin C. Dengan makan 165 gram buah mangga, mampu memenuhi hampir 3/4 kebutuhan vitamin C harian.

Menurut laporan yang terbit dalam jurnal Nutrients, kontribusi vitamin C dalam menjaga pertahanan tubuh dilakukan dengan mendukung berbagai fungsi seluler, baik dari sistem kekebalan tubuh bawaan maupun adaptif. Misalnya, dengan mendukung peran jaringan epitel dalam menghalangi patogen yang masuk lewat kulit, melindungi kulit dari stres oksidatif akibat pengaruh lingkungan, meningkatkan produksi sel T dan sel B yang penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Jadi, pastikan mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan vitamin C, seperti mangga, supaya asupan vitamin C kamu tercukupi, sehingga gak gampang sakit.

Mencegah kanker

Hasil penelitian di Jepang yang terbit dalam International Journal of Clinical Oncology menyimpulkan, konsumsi sayur dan buah-buahan tinggi senyawa karotenoid, mampu menurunkan risiko kanker usus.

Beberapa contoh sayur dan buah sumber karotenoid, selain mangga, antara lain adalah kubis, bayam, tomat, paprika, wortel, ubi jalar, jeruk, blewah, dan semangka.

Mengutip Medical News Today, Skin Cancer Foundation juga menyarankan banyak mengonsumsi makanan yang tinggi beta-karoten (misalnya mangga), karena bisa melindungi dari risiko kanker kulit.

Kaya akan antioksidan

Berdasarkan laporan dalam Comprehensive Reviews in Food Science and Food Safety. Buah mangga kaya akan kandungan polifenol, senyawa pada tumbuhan yang bersifat antioksidan. Jenis polifenol dalam buah mangga beragam, di antaranya adalah mangiferin, katekin, kuersetin, kaempferol, rhamnetin, antosianin, asam galat dan asam ellagic, propil dan metil galat, asam benzoat, serta asam protocatechuic.

Berbagai antioksidan tersebut diketahui sangat penting dalam melawan efek radikal bebas yang bisa merusak sel-sel dalam tubuh, menimbulkan berbagai penyakit kronis, serta memicu penuaan dini.

Salah satu jenis polifenol pada mangga, yakni mangiferin, memiliki karakteristik antioksidan yang kuat dan dijuluki “super antioksidan”, sangat berpotensi untuk dimanfaatkan dalam dunia pengobatan maupun sebagai suplemen.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, hasil uji in vitro terhadap ekstrak daun mangga menunjukkan bahwa, senyawa mangiferin memiliki potensi antidiabetes serta antikanker.

Menjaga kesehatan jantung

Sering mengonsumsi buah mangga juga akan sangat menguntungkan kesehatan jantung. Melansir WebMD, buah mangga tinggi kandungan magnesium dan kalium. Kedua mineral tersebut telah diketahui dapat menurunkan tekanan darah serta denyut nadi teratur.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mangga juga tinggi kandungan mangiferin, yang diduga kuat bisa mengurangi peradangan pada organ jantung.

Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Melansir Health, vitamin A yang terdapat pada buah mangga berperan besar dalam pertumbuhan dan pemeliharaan berbagai jenis jaringan epitel. Termasuk di dalamnya adalah kulit, rambut, dan kelenjar minyak atau sebaceous glands.

Diketahui, kelenjar minyak pada folikel rambut berfungsi menjaga rambut tetap lembap dan sehat. Karena itu, asupan vitamin A yang cukup sangatlah vital dalam menjaga kesehatan rambut.

Berdasarkan penelitian yang terbit dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Diketahui bahwa kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kerontokan rambut pada tikus percobaan.

Selain vitamin A, vitamin C yang terdapat pada buah mangga sangat diperlukan dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin C sangat dibutuhkan dalam produksi kolagen, jenis protein yang akan membuat kulit tetap elastis dan kenyal. Sehingga terhindar dari kulit keriput atau kendur.

Apa yang kita makan sehari-hari sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan tubuh. Untuk itu, pastikan agar selalu mengonsumsi makanan sehat supaya kesehatanmu terjaga, salah satunya dengan banyak makan buah, misalnya buah mangga. Selain rasanya enak, manfaat kesehatannya banyak, harganya pun murah meriah!

Comments are closed.