Minuman yang Patut Dihindari Saat Perut Kosong

Minuman yang Patut Dihindari Saat Perut Kosong

Ganggu Kesehatan, Ini Minuman yang Patut Dihindari Saat Perut Kosong

Minuman yang Patut Dihindari Saat Perut Kosong – Anda tentu akan merasa sangat lapar bila melewatkan waktu makan dalam jangka waktu yang lama. Saat kesempatan makan tiba, Anda mungkin saja kalap menyantap makanan yang tersaji di meja makan. Saat perut tengah kosong, tapi belum sempat untuk makan, biasanya kebanyakan orang akan memilih untuk minum sesuatu yang berkalori untuk sekadar mengisi perut.

Padahal, apa yang kamu konsumsi saat perut kosong bisa memiliki dampak yang sangat besar. Jika kamu asal memilih minuman saat perut kosong, ini tidak hanya menyebabkan sakit perut, tetapi juga dapat menguras energimu sepanjang hari. Jadi, penting untuk mengetahui minuman apa yang tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong.

Supaya tidak menyebabkan masalah, inilah Poker IDNPlay Deposit Telkomsel minuman yang patut kamu hindari saat perut kosong.

Kopi

Selain teh, kopi juga termasuk salah satu minuman yang wajib ada di pagi hari. Namun, tidak seharusnya kopi menjadi hal pertama yang kamu konsumsi saat perut kosong. Minum kopi, bahkan kopi tanpa kafeina saat perut kosong, dapat menyebabkan keasaman, yang merangsang sekresi asam klorida dalam sistem pencernaan. Ini dapat menyebabkan mulas, gastritis, dan masalah saluran pencernaan lainnya pada beberapa orang, dilansir laman Express. Selain itu, melewatkan sarapan, terutama setelah minum kopi, dapat menyebabkan defisiensi serotonin dan suasana hati yang suram sepanjang hari.

Alih-alih memulai hari dengan kopi, sebaiknya mulai rutinitas harian dengan sarapan terlebih dahulu dan kemudian minim kopi. Ini juga berlaku untuk konsumsi kopi di siang maupun sore hari. Jangan lupa makan atau setidaknya ngemil sebelum menenggak minuman penambah energi ini.

Alkohol

Alkohol adalah minuman yang sangat buruk untuk mengisi perut kosong, entah itu di pagi hari atau di penghujung hari setelah seharian tanpa makanan.

Dikutip dari laman Lifehack, jika kamu minum alkohol saat perut kosong, minuman beralkohol itu akan langsung menuju aliran darah dan dengan cepat didistribusikan ke seluruh tubuh; menyebabkan pembuluh darah melebar dan mengakibatkan perasaan hangat sementara; penurunan denyut nadi sementara dan tekanan darah. Selain itu, alkohol akan menembus perut, ginjal, paru-paru, hati, kemudian ke otak.

Teh

Teh kerap dijadikan pilihan minuman di pagi hari, padahal teh sebenarnya dilarang untuk perut kosong. Dilansir laman One Green Planet, minum teh saat perut kosong dapat menekan sekresi cairan lambung dan mengurangi empedu serta asam di lambung yang membantu pencernaan makanan secara keseluruhan dan penting untuk proses sekresi kelebihan kolesterol dalam tubuh. Dengan kata lain, minum teh saat perut kosong dapat mengacaukan sistem.

Sebagai alternatif, mungkin kamu perlu mencoba minum teh herbal tanpa kafeina yang bernutrisi, misalnya teh sage atau teh jahe supersederhana yang aman untuk perut.

Jus jeruk

Dilansir laman Healthline, buah sitrus, seperti jeruk manis, mandarin, limau, grapefruit, dan lemon, sarat akan vitamin C, antioksidan, agen antiinflamasi, serat makanan, lebih dari 60 jenis flavonoid, karotenoid, dan minyak esensial. Sayangnya, buah sitrus juga meningkatkan produksi asam. Jika kamu mengisi perut kosong dengan serat dan fruktosa dari buah jeruk, ini dapat memperlambat sistem pencernaan.

Selain itu, asam dan serat keras yang terkandung dalam buah jeruk mengiritasi perut kosong, yang sangat berbahaya bagi individu yang menderita gastritis atau berisiko terkena gastritis. Sebagai solusinya, encerkan jus jeruk dengan air sampai dapat ditoleransi oleh perut.

Minuman manis

Minuman tinggi gula memang sudah sepatutnya dihindari, terutama ketika perut kosong. Dilansir laman One Green Planet, memulai hari dengan minuman manis, entah itu jus buah atau minuman ringan, dapat memberikan beban ekstra pada pankreas yang baru terbangun setelah istirahat yang lama. Ditambah lagi, hal itu dapat membebani hati.

Terlebih, gula olahan juga dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk penambahan berat badan yang tidak diinginkan. Peningkatan risiko penyakit jantung, peningkatan risiko diabetes tipe 2, kemungkinan peningkatan kanker tertentu, dan penyakit hati berlemak. Selain itu, konsumsi gula juga dapat menyebabkan munculnya jerawat, meningkatkan gejala depresi, dan menguras energi.

Itulah minuman yang sepatutnya tidak dikonsumsi saat perut kosong. Karenanya, pastikan kamu menghindari minum ini saat bangun tidur, berbuka puasa, atau kapan pun saat kamu belum makan.

Comments are closed.